6 Fakta Menarik Seputar Artificial Intelligence

30 Mar 2016 10:30 7473 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
keren nih kalau AI bisa lebih pintar dari manusia.

Kecerdasan buatan yang lebih dikenal dalam bahasa asingnya yaitu Artificial Intelligence (AI) pertama kalinya ditemukan pada tahun 1950.

AI pertama kali ditemukan pada tahun 1950 ketika Alan Turing yang juga adalah salah satu pioneer di dunia komputer mendemonstrasikan sebuah proposal penelitiannya bernama “Computing Machinery and Intelligence.”

Kecerdasan buatan atau AI yang pernah ditemukan tersebut semakin kesini semakin berkembang dan sudah secara umum dipergunakan di perangkat komputer, smartphone, serta berbagai bidang lainnya yang memang membutuhkan bantuan AI.

Selama perkembangannya selama ini, banyak hal yang dapat kita lihat seputar AI. Beberapa diantaranya adalah fakta menarik soal AI seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

1. Kebanyakan AI Berjenis Kelamin Perempuan

Mungkin bagi mereka yang pernah berinteraksi dengan AI bernama Cortana, Google Now dan Siri menyadari bahwa suara yang mereka miliki adalah suara wanita.

Lalu apa alasannya?

Sebenarnya tidak ada alasan tertentu yang membuat ketiga AI tersebut memiliki suara wanita, tapi ada beberapa faktor yang dilibatkan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan suara wanita sebagai suara default dari ketiga  AI tersebut.

Salah satunya adalah hasil dari sebuah penelitian yang memperlihatkan bahwa baik pria ataupun wanita lebih menyukai suara wanita dibandingkan suara pria.

Kemudian ada juga hasil penelitian lainnya yang cukup logis mengenai kenapa suara AI adalah suara wanita. Hal tersebut dikarenakan mayoritas anggota dari tim pembuat AI adalah pria yang memang menemukan bahwa suara wanita lebih menarik.

 

2. Banyak AI Berbentuk Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan bukanlah hal yang mudah. Anda harus memberi makan setiap hari, harus memandikannya, dan tentunya suatu saat kita akan berpisah dengan mereka karena umur dari kebanyakan hewan peliharaan tidaklah lama.

Inilah alasan banyak perusahaan yang mulai mengembangkan robot hewan peliharaan yang sudah diberikan kecerdasan buatan.

Walaupun hingga sekarang robot-robot tersebut sudah ada, mereka tidak diperjualbelikan secara massal dikarenakan harganya yang cukup mahal. Tapi menurut prediksi dari seorang peneliti asal Australia, robot hewan peliharaan akan mulai banyak dimiliki oleh masyarakat di tahun 2025.

 

3. AI Punya Kemampuan untuk Menulis

Pertama kalinya AI diketahui dapat ketika sebuah artikel tentangnya muncul di situs Los Angeles Time.

Pada artikel tersebut tertulis bahwa komputer yang sudah dilengkapi kecerdasan buatan berhasil menulis sebuah artikel yang data-datanya diambil dari seismograf.

Teknologi yang ada pada AI ini dikembangkan oleh seorang profesor bernama Larry Birnbaum. Menurutnya, apa yang komputer tulis tersebut masih jauh dari sempurna sehingga AI tersebut hanya dapat menulis sebatas apa yang dibacanya saja.

Tapi mungkin, di masa depan AI akan dapat membuat novel buatannya sendiri.

Tags Unik

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel