5 Fakta Tentang Menara Eiffel

23 Mar 2016 20:16 2978 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Menara Eiffel Hampir dibangundi Spanyol? Menara Eiffel hampir di robohkan? Masa sih? Berikut adalah 5 Fakta Tentang Menara Eiffel yang harus kamu ketahui.

Menara Eiffel?? Siapa sih yang tidak kenal dengan menara yang satu ini? Ya banyak orang pasti kenal dengan menara yang menjadi tempat kunjungan utama bagi para turis yang datang ke negara Prancis. Berikut adalah 5 Fakta Tentang Menara Eiffel yang harus kamu ketahui.

Fakta #1 Menara Eiffel Hampir Dibangun di Barcelona

5 Fakta Tentang Menara Eiffel

Menara Eiffel dibangun di daerah Camp de Mars di tepi sungai Seine, Prancis. Menara Eiffel dibangun pada tahun 1889. Arsitek menara Eiffel adalah seorang insinyur sekaligus pengusaha dan spesialis logam yang bernama Gustave Eiffel. Gustav Eiffel adalah orang yang merancang rangka Patung Liberty. Pada awalnya, Menara Eiffel akan dibangun di Negara Spanyol, tepatnya di Kota Barcelona. Namun rencana Gustave Eiffel ditolak oleh Pemerintah Barcelona dengan alasan biaya pembangunan yang mahal dan tidak cocok dengan Kota Barcelona. Kemudian Gustave Eiffel menawarkan ide tersebut kepada Pemerintah Prancis yang pada saat tersebut akan mengadakan sebuah Pameran Universal di Kota Paris. Ide dari Gustave Eiffel ini kemudian disetujui oleh Pemerintah Prancis sehingga Menara Eiffel dibangun di Paris. Awalnya, Menara Eiffel hanya digunakan untuk hiasan pintu masuk Pameran Universal saja sehingga fondasinya tidak permanen.

Fakta #2 Tahun 1909 Menara Eiffel Hampir Dirobohkan

5 Fakta Tentang Menara Eiffel

Pada saat itu di Negara Perancis diberlakukan peraturan untuk mendirikan bangunan. Menara Eiffel memiliki ijin bangun selama 20 tahun sehingga pada tahun 1909 harus dirobohkan. Namun ketika akan dirobohkan, Pemerintah Prancis kembali berpikir ulang karena ternyata Menara tersebut memiliki manfaat lain yaitu dibidang komunikasi. Akhirnya Menara Eiffel tidak jadi dirobohkan dan dialih fungsi sebagai pemancar radio. #hampirsaja

 

Fakta #3 Tinggi Menara Eiffel Berubah-ubah

5 Fakta Tentang Menara Eiffel

Menara Eiffel memiliki tinggi sekitar 325 Meter (1,063 Kaki) atau setara dengan bangunan konvensional bertingkat 81. Menara Eiffel ternyata memiliki keunikan tersendiri yaitu tingginya bisa berubah sesuai dengan musim atau cuaca. Perubahan ini disebabkan karena Menara Eiffel terbuat dari besi sehingga mengalami proses pemuaian ketika musim panas. Pemuaian ini menyebabkan tinggi Menara Eiffle bertambah sekitar 5.9 inci atau sekitar 15 cm. 

Fakta #4 Menara Eiffel Telah Beristri

5 Fakta Tentang Menara Eiffelsumber:valinop.com

Bagi yang sangat tertarik dengan Menara Eiffel dan bahkan ingin menciumnya, hmmm⦠urungkan niat Kamu karena ternyata Menara Eiffel sudah ada yang âpunyaâ. Erika La Tour Eiffel adalah wanita yang beruntung karena telah menikahi Menara Eiffel. Menara Eiffel menyudahi masa lajangnya pada tahun 2007. Erika adalah seorang mantan tentara yang tinggal San Francisco. Erika memang memiliki kelainan yang disebut asperger. Asperger adalah salah satu gejala autisme dimana penderitanya memiliki kesulitan untuk membaur dengan masyarakat karena masalah komunikasi. Erika juga pernah menikah dengan busur panah hingga Tembok Berlin.  Menara aja punya istri, lu kapan mBlo?

 

Fakta #5 Menara Eiffel dalam Angka

5 Fakta Tentang Menara Eiffel

  • 20,000 bola lampu terpasang di Menara Eiffel yang membuatnya begitu terang ketika malam hari.
  • 30 replika Menara Eiffle tersebar di seluruh Dunia.
  • 10 gajah setara dengan berat jumlah cat yang digunakan untuk mengecat Menara Eiffel.
  • 18,038 adalah jumlah potongan besi yang digunakan untuk membangun Menara Eiffel dengan 2.5 Juta paku baja.
  • 1,665 adalah jumlah anak tangga hingga ke puncak Menara Eiffel
Tags

About The Author

Damar Ramadhan 17
Novice

Damar Ramadhan

Seorang yang senang belajar hal baru, membaca, menulis, dan melakukan penelitian kecil. Saat ini saya bekerja sebagai Search Engine Optimization di salah satu perusahaan startup pendidikan dan juga pemilik web damar.my.id. Salam kenal :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Damar Ramadhan

Fakta Tentang Mesir
Berita Umum