Kenali Penyebab Hipertensi Pada Ibu Hamil

17 Mar 2016 13:59 2607 Hits 0 Comments
Penyebab hipertensi pada saat kehamilan adalah salah satu penyebab mortalitas pada wanita yang akan melahirkan. Kelainan hipertensi pada kehamilan dapat menyebabkan kasus kematian baik pada janin maupun Ibu.

Biasanya bagi ibu yang sedang hamil muda, pada umumnya akan mendapatkan gangguan kesehatan. Hal tersebut dinilai wajar karena seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan baik secara hormon maupun secara fisik. Perubahan inilah yang terkadang membuat wanita sulit untuk menyesuaikan dirinya.

Penyakit hipertensi adalah salah satu penyakit yang dapat diderita oleh ibu hamil. Selain dapat mengganggu kesehatan ibu, penyakit hipertensi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin. Apabila hal tersebut terjadi pada anda saat masa kehamilan, maka segera lakukan pengobatan secara cepat dan tepat. selain itu diperlukan bagi para ibu untuk mengetahui penyebab hipertensi tersebut.

Penyebab hipertensi pada saat kehamilan adalah salah satu penyebab mortalitas pada wanita yang akan melahirkan. Kelainan hipertensi pada kehamilan dapat menyebabkan kasus kematian baik pada janin maupun Ibu.

Berikut penyebab hipertensi pada ibu hamil yang harus diketahui.

  1. Hipertensi esensial atau hipertensi primer

Dimana penyebabnya bukan dari adanya gangguan pada jantung atau ginjal, melainkan disebabkan oleh faktor lain seperti pola hidup yang tidak sehat, mengalami stres, konsumsi garam yang berlebih,  kebiasaan merokok, kebiasaan meminum minuman beralkohol dan kafein, pola makan yang tidak sehat yang dapat mengakibatkan timbunan lemak dan kelebihan berat badan, serta adanya faktor keturunan.

 

  1. Hipertensi sekunder

Salah satu faktor penyebab penyakit hipertensi pada ibu hamil. Hipertensi sekunder disebabkan oleh adanya gangguan ginjal atau jantung. Preklamsia yang terjadi pada wanita hamil sangat beresiko menyerang mereka yang sebelum kehamilan menderita penyakit darah tinggi yang cukup kronik, hamil berusia dibawah 20 tahun dan diatas 40 tahun, wanita penderita diabetes, gagal ginjal, lupus dan wanita yang hamil meningkatkan tekanan darah atau menderita preklamsia saat kehamilan sebelumnya.

 

Penyebab-penyebab di atas perlu untuk diwaspadai bagi para ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan hipertensi pada ibu hamil berefek kerusakan terjadi pada pembuluh darah wanita hamil yang akan merusak vascularasi darah sehingga dapat mengganggu pertukaran oksigen dan nutrisi melalui plasenta dari ibu ke janin.

 

Untuk menurunkan hipertensi pada ibu hamil Anda dapat melakukan pola makan sehat dengan mengatur pola makan melalui diet rendah garam. Selain itu anda juga dapat memperbanyak asupan potasium yang dapat anda peroleh dari kacang – kacangan, aprikot dan pisang. Anda juga harus mengkonsumi makanan yang mengandung omega 3, kalsium dan magnesium dapat anda peroleh dari susu dan makanan laut. Anda juga harus mengkonsumsi bawang putih dan bayam yang dapat menurunkan hipertensi anda yang melonjak. Serta konsumsi juga gula rendah kalori Tropicana untuk mengurangi kalori yang mengakibat kan obesitas. Karena obesitas dapat memicu terjadinya hipertensi pada saat kehamilan.

Sumber Referensi :

http://www.tropicanaslim.com/hipertensi-bisa-diturunkan-kok/

About The Author

Harry Wicaksono 27
Novice

Harry Wicaksono

Simple person, and like a share something

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel