7 Hal Berbeda Mengenai Budaya Menggunakan Smartphone di Jepang

16 Mar 2016 14:00 3307 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Setiap negara memiliki gaya tersendiri dalam menggunakan smartphone.

Sudah bertahun-tahun lamanya smartphone hadir di tengah-tengah kita. Saking lamanya, smartphone sekarang ini sudah menjadi bagian dari budaya di hampir setiap negara di dunia.

Berbicara mengenai budaya menggunakan smartphone, ternyata seperti kebudayaan lain pada umumnya, menggunakan smartphone di setiap negara juga berbeda-beda.

Contohnya saja di Jepang, disana setidaknya ada 7 kebiasaan menggunakan smartphone yang jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya ternyata sangatlah berbeda.

 

1. Masyarakat Jepang punya aturan tersendiri tentang menelepon di tempat publik

Di Jepang, berbicara lewat alat komunikasi di dalam kereta api dianggap sebagai hal yang sangat tidak sopan dan umumnya tidak dapat ditolerir.

Bahkan orang-orang terkenal sekalipun akan langsung disuruh mematikan teleponnya ketika menelepon saat mengendarai kereta api.

Tidak hanya di kereta api, masyarakat Jepang juga sangat berhati-hati dalam memilih tempat untuk menelepon. Mereka pada umumnya menerima telepon apabila disekitarnya tidak ada orang, atau jauh dari yang namanya “menarik perhatian orang.”

 

2. Banyak orang dewasa di Jepang memainkan game di smartphone milik mereka

Siapa bilang game hanya untuk anak-anak?

Mengatakan bahwa game hanyalah sebuah hiburan yang diperuntukkan untuk anak-anak adalah sebuah hasil dari pemikiran yang sempit.

Di negara seperti Jepang yang juga adalah rumah produksi dari banyak game smartphone, tidak heran jika di kereta api ataupun kendaraan umum lainnya, banyak orang dewasa yang memegang smartphone mereka dengan kedua tangannya.

 

3. Banyak masyarakat Jepang menggunakan iPhone

Ketika smartphone mulai populer di Jepang, banyak masyarakat Jepang yang lebih memilih iPhone sebagai smartphone favoritnya. Namun belakangan ini, pesaing iPhone dari kalangan Android pun semakin lama semakin meningkat.

Produk smartphone paling favorit di Jepang adalah iPhone buatan Apple, Samsung, Sony dan LG.

 

4. Jarang ada orang yang menggunakan perangkat “hands-free” untuk menelepon

Sepertinya hal ini merupakan hal yang wajar di Jepang. Karena dengan menggunakan hands-free, seseorang akan terlihat seperti berbicara sendiri dan sebagai akibatnya, akan banyak mata tertuju pada orang tersebut.

Oleh karena itu, orang-orang di Jepang biasanya menelepon tanpa menggunakan hands-free.

 

5. Masyarakat Jepang banyak yang menggunakan smartphone sambil berjalan

Adalah satu kebiasaan menggunakan smartphone di Jepang yang tidak patut dicontoh. Dikatakan tidak layak dicontoh karena menggunakan smartphone sambil berjalan dapat menyebabkan kecelakaan baik yang merugikan orang lain ataupun hanya merugikan diri sendiri saja.

 

6. Bermain smartphone di jam kerja akan mengundang amarah atasan

Image warga Jepang yang rajin bekerja sangat dipertahankan oleh masyarakat Jepang. Oleh karena itu, jika ada pekerja bermain smartphone ketika sedang bekerja dan ketahuan oleh atasan, bersiap-siaplah untuk kena marah dan yang paling sial kena PHK.

 

7. Masyarakat Jepang tidak suka menggunakan Siri atau Cortana

Mungkin hal ini kembali ke poin 4 dimana masyarakat Jepang takut menarik perhatian dikarenakan jika sedang menggunakan SIri atau Cortana di tempat publik, mereka akan terlihat berbicara sendiri.

Atau mungkin karena saking sibuknya mereka berdebat dengan Rinna, yaitu sebuah Artificial Intelligence dengan personalisasi siswi SMA yang dibuat oleh Microsoft.

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel