Perbandingan Samsung Galaxy S7 dan LG G5

25 Feb 2016 15:00 7122 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan mulai dari desain, spesifikasi dan harga.

Sudah menjadi kebiasaan para vendor smartphone baik itu yang sudah terkenal ataupun yang baru seumur jagung selalu rutin mengeluarkan smartphone terbaru setiap tahunnya.

Di tahun 2016, tepatnya pada tanggal 21 di bulan Februari ini, vendor kenamaan asal Korea yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita bernama Samsung dan LG telah mengumumkan dua smartphone flagship terbarunya.

Kedua smartphone dengan spesifikasi tertinggi dari setiap vendor tersebut masing-masing bernama Samsung Galaxy S7 dan LG G5.

Bagi Anda yang sudah menunggu-nunggu kehadiran kedua smartphone flagship ini dan berencana untuk membelinya. Ada baiknya Anda membandingkan, kemudian mempertimbangkan smartphone mana yang paling pas untuk Anda baik dari segi spesifikasi ataupun dari desain dan harga yang ditawarkan.

Berikut ini adalah perbandingan antara kedua smartphone flagship asal negeri Korea yang katanya menjadi salah satu smartphone flagship paling ditunggu di tahun 2016 ini.

 

1. Desain

Jika sekilas dilihat, Samsung Galaxy S7 memiliki body yang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy 6. Namun dari segi ukuran, Samsung Galaxy S7 ini memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil namun lebih tebal dibandingkan pendahulunya yang berukuran 143.4 x 70.5 x 6.8.

Jika dibandingkan dengan LG G5 yang berukuran 149.4 x 73.9 x 7.3 milimeter, Samsung Galaxy S7 terlihat sedikit lebih tebal dan sedikit lebih kecil.

Bobot untuk kedua smartphone tersebut masing-masing adalah 152 gram untuk Samsung Galaxy S7 dan 159 gram untuk LG G5.

Terlepas dari desain body yang kembali lagi ke selera masing-masing, LG G5 menurut saya memiliki keunggulan dari segi material yang digunakan untuk body-nya dimana pada LG G5 sudah menggunakan full metal, sedangkan pada Samsung Galaxy S7 masih menggunakan jenis kaca (mungkin tempered glass?) yang walaupun tidak sekokoh dan memiliki kesan premium seperti LG, bahan kaca pada Samsung Galaxy S7 ini tidak kalah jauh dalam menampilkan kesan premiumnya.

Seperti menjadi hal yang lumrah pada smartphone zaman sekarang, fitur fingerprint scanner juga sudah disematkan pada kedua smartphone ini. Pada Samsung Galaxy S7, fingerprint scanner diletakkan pada bagian depan, tepatnya di bawah layar dimana biasanya tombol “Home” berada.

Sedangkan pada LG G5, fingerprint scanner diletakkan di belakang yang posisinya menurut saya jauh lebih enak bagi mereka yang suka membuka fingerprint scanner menggunakan telunjuk seperti saya.

Dari segi body, LG G5 memang lebih unggul, namun jika dipelajari lebih dalam lagi, Samsung Galaxy S7 ternyata memiliki kelebihan yang sama sekali tidak dimiliki LG G5.

Kelebihan tersebut terletak pada resistansi atau ketahanan smartphone Samsung Galaxy S7 dengan rating-nya adalah IP 68 dimana dengan rating ini, sebuah smartphone dipastikan memiliki ketahanan terhadap air dan debu yang tentunya dengan batas waktu atau batas tekanan tertentu.

Kedua smartphone flagship ini juga sudah disenjatai sebuah kaca buatan corning yaitu corning gorilla glass 4 untuk LG G5, dan corning gorilla glass yang versinya belum diketahui untuk Samsung Galaxy S7

LG G5 akan tersedia di pasaran dalam 3 warna pilihan yaitu Gray, Pink dan Gold. Sedangkan Samsung Galaxy S7 akan tersedia dalam 4 warna pilihan yaitu Black, Gray, White dan Gold.

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel