Simak! Inilah 14 Bandara Menakjubkan yang Mulai Dilupakan

9 Feb 2016 08:34 3495 Hits 0 Comments
14 Bandara ini adalah bangunan yang paling mempesona dan paling bersejarah di zamannya, tapi kemudian terlupakan karena dimakan usia atau menjadi usang karena tak lagi digunakan karena alasan tertentu.

Ada banyak hal menakjubkan yang tersimpan di belahan dunia ini, dari mulai peninggalan zaman kuno hingga buatan manusia di era modern yang masih saja membuat kita berdecak kagum karena arsitektur dan keindahan bangunan itu, tapi bagaimana jika tempat itu adalah sebuah bandara yang dulunya menjadi kebanggan bagi tempat yang memiliki itu?

 

Mungkin, kita pernah terbang dan lepas landas di sebuah bandara modern yang saat ini menjadi simbol kemajuan suatu negara atau daerah, tapi pernahkah kita melihat bandara yang ditinggalkan karena dianggap tidak layak, meski dulunya bagunan itu menjadi kebanggan di wilayah tersebut?

 

Terbentang dari Hong Kong ke Croydon, kita akan melihat 14 bandara paling aneh, terbesar, paling mahal dan bersejarah yang ditinggalkan dunia. Meski demikian, kita masih akan berdecak kagum karena sisa-sisa kemegahannya saat ini.

 

 JOHNSTON ATOLL AIRPORT - USA

Skyscanner

Johnston Atoll, sepertinamanya, landasan pacu ini berada pada atoll kecil kecil di Samudera Pasifik. Dibangun 700 mil jauhnya dari Hawaii, bandara ini adalah pangkalan militer AS untuk sebagian besar abak ke-20 sampai ditutup pada tahun 2005. Awalnya dibangun untuk rumah 400 staf, pulau dan bandara diserang oleh kapal selam Jepang selama Perang Dunia II.

 

KAI TAK INTERNATIONAL AIRPORT - HONG KONG

Skyscanner

Kai Tak adalah bandara utama di Hong Kong dari 1925 sampai 1998, ketika itu ditutup dan diganti dengan bandara baru Hong Kong International, hanya berjarak 30 mil ke barat. Alasan ditutupnya bandara ini karena terdapat gunung dan bangunan yang mengelilingi bandara lama, hal itu membuat bandara ini menjadi salah satu bandara terburuk  dan terkenal di dunia untuk landing dan take-off karena pesawat harus berbelok 90 derajat untuk bisa masuk ke dalam landasan.

 

BERLIN TEMPLEHOF – JERMAN

Telegraph

Dibangun pada tahun 1923, bandara Jerman ini tertutup untuk penumpang 85 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2008.sebelum pembangunan Pentagon di Amerika, bandara ini adalah bangunan terbesar di planet ini, namun saat ini bandara ini sudah ditutup untuk umum dan hanya menyisakan kejayaan di masa silam.

 

NICOSIA INTERNATIONAL AIRPORT - SIPRUS

Skyscanner

Setelah invasi Turki pada tahun 1974, Bandara International Nicosa ini kemudian tidak memiliki penerbangan komersial sejak tahun 1977. Bandara ini dulunya menjadi medan pertempuran antara Turki dan Yunani, dan kini bandara ini masih digunakan oleh PBB.

 

MARINE CORPS AIR STATION EL TORO - USA

Skyscanner

Jika Anda lahir di tahun 80an, Anda pasti akan ingat dengan film Independence Day, tetapi apakah Anda tahun bahwa sejumlah adegan yang difilmkan di lapangan udara Korps Marinir Air Station El Toro?  Bandara itu sendiri ditutup pada tahun 1999, tetapi tetap dibuka untuk wisata dan sutradara film.

 

GAZA INTERNATIONAL AIRPORT - GAZA STRIP

Skyscanner

Dibuka pada tahun 1998, Bandara International Gaza pada puncaknya memiliki lebih dari 700 ribu penumpang yang singgah setiap tahun. namun, pada tahun 2001, pasukan Israel menembaki menara kontrol dan stasiun radar, membuat seluruh bandara menjadi berbahaya dan usang. Beberapa minggu kemudian landasan pacu itu dibuldoser.

 

DON QUIJOTE AIRPORT - SPANYOL

Skyscanner

Spanyol memiliki sedikit trek rekor ketika membakar uang tunai. Tetapi jika Anda berpikir jika 150 juta euro adalah uang yang banyak, lantas bagaimana dengan 1.1 miliar? Don Quijote Bandara dibangun pada akhir 90-an, sebagai alternative untuk Madrid-Barajas. Lima puluh menit dari Madrid, itu adalah bandara internasional swasta pertama di Spanyol, dan terakhir bangkrut pada tahun 2012.

 

ROBERT MUELLER MUNICIPAL AIRPORT – USA

Skyscanner

Melayani Austin, Texas dari 1928-1999, Robert Mueller Municipal Airport secara resmi ditutup dan digantikan oleh Bandara Internasional Austin Bergstrom. Sekaran benar-benar direnovasi dan dibangun, satu-satunya hal yang tidak tetap adalah menara kontrol yang sudah tua.

 

STAPLETON INTERNATIONAL AIRPORT - USA

Cyprus_airport

Antara tahun 1925 dan 1995, Bandara Internasional Stapleton melayani Denver, Colorado dan hingga diganti menjadi Denver International. Meskipun sisa opreasional, badai aneh pada tahun 1997 menyebabkan kerusakan parah sehingga itu harus benar-benar dibongkar.

 

FLOYD BENNETT FIELD - NEW YORK, USA

Skyscanner

Meskipun saat ini menjadi taman umum, Floyd Bennet Field dulunya adalah salah satu bandara terbesar di New York. Sayangnya itu adalah kejayaan yang hanya menjadi cerita ketika digantikan oleh Bandara Newark di New Jersey.

 

 GALEVILLE – SHAWANGUNK, NEW YORK – USA

EllinkonGreece

Ini adalah lapangan udara militer kecil di New York dibangun sebagai akademi militer selama Perang Dunia II. Sekarang bagian dari Shawangunk Grassland National Wildlife Refuge, lapangan udara yang digunakan itu memiliki dua landasan pacu beraspal dan selama bertahun-tahun beroprasi sebagai bandara sipil setelah perang.

 

CASTELLÓN–COSTA AZAHAR AIRPORT – SPANYOL

Skyscanner

Resmi dibuka pada tahun 2011 dan dibangun dengan biaya sebesar 150 juta euro, Bandara Castellon-Costa Azahar  dianggap menjadi salah satu kegagalan terbesar Spanyol. Tidak adanya aktivitas penerbangan setelah adanya krisis keungan negara bandara ini kemudian disebut sebagai bandara berhantu,dan di luarnya terdapat patung dari Carlos Fabra, politisi lokal yang berada di belakang pembangunan dan sekarang ia sedang diselidiki untuk kasus korupsi dan penggelapan pajak.

 

RAF BINBROOK – ENGLAND

Skyscanner

RAF Binbrook di Lincolnshire digunakan oleh pembom dalam Perang Dunia II dan terus menjadi basis operasional untuk Angkatan Udara sampai tahun 80-an. Setelah ditutup, lapangan udara telah digunakan menjadi set film, dan diuanakan dalam film Memphis Belle pada tahun 1990.

 

CROYDON AIRPORT - ENGLAND

Skyscanner

Dikatakan oleh banyak pihak untuk menjadi salah satu tiga yang paling ikonik di Perang pra-Dunia II bandara di Eropa, Croydon telah menjadi terkenal karena sejarahnya. Bandara ini juga menjadi sangat terkenal di dunia setelah menjadi bandara pertama yang memiliki menara kontrol lalu lintas udara.

 

 

 

 

Gambar via  buzzify.co.uk

 

Tags

About The Author

Nana 45
Ordinary

Nana

Karena, menulis itu menyenangkan...
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel