7 Fakta Tentang John Logie Baird, Sang Penemu Televisi

26 Jan 2016 12:40 4468 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biografi John Logie Baird, penemu televisi

Kalau ada yang menanyakan siapakah penemu televisi? Maka jawablah John Logie Baird. Jawaban itu juga yang “diungkapkan Google” pada mesin pencarinya. Apalagi, pada 26 Januari 2016, John Logie Baird jadi Google Doodle.

7 Fakta Tentang John Logie Baird, Sang Penemu Televisi

Lantas, siapa sebenarnya John Logie Baird? Mengapa ia sampai bisa menemukan perangkat yang berpengaruh sampai dunia modern ini?

John Logie Baird adalah seorang pria Skotlandia yang lahir pada 13 Agustus 1888. Dia memiliki perjalanan yang cukup berliku sampai akhirnya kemudian ia dikenal sebagai penemu perangkat televisi. Bahkan, ia juga yang menemukan perangkat televisi berwarna. Ia melakukannya dengan hanya mengotak-ngatik mesin saja.

Untuk mengetahu lebih dalam tentang John Logie Baird, berikut diuraikan fakta-fakta menarik tentang  pria  yang meninggal pada 14 Juni 1946 ini.

 

1. Kuliah dan Sekolah

John Logie Baird sekolah di Lomond School. Saat ia sekolah, nama sekolah tersebut adalah Larchfield Academy. Setelah itu ia melanjutkan kuliah di Universitas Glasgow tetapi ia tidak menyelesaikan kuliahnya karana terhalang oleh Perang Dunia 1. Tapi ia sempat lulus dari    Royal Technical College yang sekarang bernama Universitas Strathclyde

7 Fakta Tentang John Logie Baird, Sang Penemu Televisi


2. Hidup Serba Kekurangan

John Logie Baird hidup dalam keluarga yang biasa saja. Karena itu, sebelum usianya menginjak 35 tahun, John Logie Baird hidup dalam serba kekurangan. Pengaruh Perang Dunia 1 membuat John Logie Baird harus memilih jalan sendiri. Ia kemudian menempuh jalur sebagai insinyur listrik sebagai seorang amatiran yang ia anggap sebagai jalan dari kehidupan serba kekurangannya.


3. Penemuan yang Terinspirasi dari Penemu Lainnya

Jalur hidupnya yang harus berurusan dengan listrik dan kawan-kawannya, membuat Baird terinspirasi untuk menciptakan sesuatu. Tahun 1923, ia mulai mengotak-ngatik sebuah mesin yang mentrasnmisikan gambar dan suara lewat sebuah radio.

Ia terisnpirasi oleh gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi. Gelombang inilah yang membawa sinyal audio.  Ia percaya bahwa prosesor pengiriman gelombang tersebut dapat juga mengirimkan sinyal visual. Ia pun mulai merangkai sebuah desain yang bernama Nipkow disk.

Nipkow disk ini merupakan sebuah pemindai cakram yang pertamakali diciptakan oleh Paul Nipkow Jerman pada tahun 1884.  Lewat hal-hal itulah, kemudian Baird sukses mengirimkan sebuah citra kasar yang mampu diterima pesawat penerima  tanpa kabel. Hanya saja saat itu, jaraknya hanya beberapa meter.

Apa yang dilakukan Baird Ini  bisa dibilang, dalam proses pembuatan televisi, John Logie Baird sangat terinspirasi dari penemu lainnya.

Lanjut ke halaman selanjutnya...

Tags Biografi

About The Author

Hilman 77
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel