Lakukan Ini, Bersihkan Helm Kamu Sekarang Juga!

18 Dec 2015 13:00 2955 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Helm merupakan benda penting yang kebersihannya juga harus dijaga dengan baik.

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, terutama motor, helm merupakan salah satu perlengkapan keselamatan yang wajib dipakai. Helm tidak hanya digunakan untuk perjalanan menggunakan motor dengan jarak yang jauh saja. Jaraka dekat pun tetap harus menggunakan helm, demi keselamatan.

Saat ini, berbagai jenis helm dan kecanggihannya juga semakin menarik perhatian banyak orang. Ada yang helm yang diperuntukkan bagi para pria yang ingin terlihat keren, helm khusus untuk perempuan dengan desain yang cantik dan imut, helm khusus untuk anak-anak, dan lain-lain.

Akan tetapi, hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih helm adalah helam sudah berstandar SNI dan tentunya helm yang benar-benar layak untuk menjaga keselamatan selama perjalanan. Setelah mendapatkan helm yang Anda idamkan, langkah selanjutnya yang harus selalu dilakukan melakukan perawatan kebersihan helm Anda.

Pernahkah Anda mendapati helm Anda bau dan lembab? Hal itu sangat mungkin terjadi ketika Anda tidak rajin merawat dan membersihkannya. Helm yang bau dan lembab akan menimbulkan ketidaknyamanan pada saat Anda menggunakannya.

Berikut beberapa tips mudah dan bisa dilakukan sendiri untuk merawat dan membersihkan helm Anda.

 

1. Memerhatikan tempat penyimpanan helm.

Lakukan Ini, Bersihkan Helm Kamu Sekarang Juga!

Gambar via: assets.otomotifnet.com

Sebaiknya Anda memiliki tempat khusus untuk menyimpan helm. Pastikan tempat penyimpanan helm tersebut bersih dan tidak lembab. Jika Anda menyediakn tempat khusus untuk menyimpan helm, tempat ini akan menghindarkan terjadinya benturan helm dengan benda lain.

Selain itu, pastikan juga tempat penyimpanan helm tidak langsung terpapar sinar matahari. Pilih tempat penyimpanan helm yang baik, bersih, dan pastinya terlindung dari sinar matahari.

 

2. Gunakan helm ketika rambut dan kepala sedang kering.

Pastikan Anda tidak menggunakan helm saat rambut atau kepala masih basah. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, maka akan berdampak pada kondisi helm. Helm menjadi mudah lembab dan bau.

Jika rambut dan kepala Anda kering, maka helm akan terhindar dari kondisi bau dan lembab. Helm juga menjadi tidak mudah berjamur serta bersih lebih lama.

 

3. Rutin mencuci dan menjemur helm.

Lakukan Ini, Bersihkan Helm Kamu Sekarang Juga!

Gambar via: indonesiautosblog.com

Helm juga harus rutin dibersihkan secara keseluruhan yaitu dengan proses pencucian. Bersihkan keseluruhan helm terutama pada bagian dalam yang berupa gabus empuk. Cuci bersih sampai kotoran hilang.

Pada saat proses penjemuran, jemur helm dalam keadaan bagian dalam menghadap ke arah sinar matahari. Selain akan membuat bagian dalam helm lebih cepat kering, hal ini juga akan mencegah cat helm pada bagian luar menjadi pudar.

 

4. Menyemprotkan parfum pada helm sebelum digunakan.

Lakukan Ini, Bersihkan Helm Kamu Sekarang Juga!

Gambar via: otoistimewa.files.wordpress.com

Untuk membantu agar helm yang digunakan tetap segar, Anda bisa menyemprotkan parfum pada helm. Tetapi semprotkan secukupnya saja agar helm tidak menjadi basah dan lembab.

 

5. Langsung membersihkan helm setelah kehujanan.

Saat menempuh perjalanan menembus hujan, terkadang bagian dalam helm juga ikut basah dan menjadi lembab. Segera bersihkan helm dan jemur ketika pagi atau siang hari tiba. Usahakan untuk tidak disimpan begitu saja kemudian langsung digunakan lagi.

Helm yang lembab setelah kehujanan akan tidak nyaman untuk digunakan dan tentunya akan berbau. Jadi, sebaiknya Anda memiliki helm cadangan yang siap digunakan jika helm lainnya sedang dibersihkan.

 

6. Rajin mengelap kaca depan helm.

Anda juga sebaiknya merawat dan rutin membersihkan kaca depan helm. Jika rutin dibersihkan, maka pandangan Anda di balik helm ke luar juga selalu jelas. Kaca depan helm yang buram akan mengganggu pandangan Anda.

 

Keberadaan helm sangat penting dan bermanfaat untuk para pengendara motor. Begitu juga dengan kebersihannya. Jadi, benda penting yang melindungi kepala Anda ini juga sebaiknya mendapatkan perhatian dalam sisi kebersihan demi kenyamanan pada saat pemakaian.

Semoga informasi serta tips dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Tags Kebersihan

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel