Pernah Dengar FAT32, NTFS dan exFAT? Inilah Perbedaannya

11 Dec 2015 20:00 4412 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ketika Anda melakukan format dari hard disk, flash disk, hard disk eksternal dan juga SD Card, Windows akan selalu memberikan tiga pilihan yaitu NTFS, FAT32 dan exFAT.

Walaupun Anda tahu apa yang harus Anda lakukan ketika dihadapkan oleh ketiga pilihan tersebut, mungkin Anda tidak tahu apa yang membedakan dari ketiganya.

Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan dari ketiga sistem file tersebut.

 

FAT32

Adalah sebuah sistem file tertua dari ketiga sistem file yang sudah disebutkan di atas. Sistem file ini pertama kali diperkenalkan pada tahun muncul nya Windows 95 yang keberadaannya sendiri adalah untuk menggantikan sistem file yang telah muncul sebelumnya yaitu FAT16.

Sistem file FAT32 sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dari sistem file FAT32 adalah tingkat kompatibilitasnya yang tinggi dimana pada umumnya, sistem file FAT32 cocok dengan berbagai komputer modern dan perangkat lain seperti konsol game yang memiliki port USB.

Namun sayang, sebuah file yang dapat disimpan di sebuah penyimpanan berformat FAT32 dibatasi sebesar 4GB saja per-filenya. Lalu hal lainnya yang mungkin menjadi kekurangan dari FAT32 adalah partisi untuk penyimpanan dengan format ini harus di bawah 8TB.

Walaupun sistem file ini cocok untuk flash disk ataupun perangkat penyimpanan eksternal lainnya, sistem file ini tidak cocok dengan ruang penyimpanan internal. Alasannya, penyimpanan hard disk yang memiliki format FAT32 memiliki tingkat keamanan yang rendah, jauh lebih rendah dari sistem file NTFS.

Oleh karena itu, Windows dengan versi terkini, sudah tidak dapat dipasang ke partisi dari hard disk yang formatnya FAT32 lagi dan hanya bisa dipasang ke partisi yang sudah NTFS.

 

NTFS

NTFS adalah sebuah sistem file modern yang umumnya digunakan untuk memasang sistem operasi Windows di zaman sekarang.

Secara teori, sistem file NTFS memiliki batasan penyimpanan file dan partisi yang sangat besar. Saking besarnya, sampai-sampai yang harus Anda khawatirkan bukanlah batasan dari sistem file NTFS melainkan kapasitas dari hard disk Anda.

Selain dari batasan yang sangat besar, sistem file NTFS juga dibekali dengan berbagai fitur-fitur modern. Selain mendukung keamanan yang cukup tinggi, terdapat juga sebuah jurnal yang dapat membantu Anda menyembuhkan komputer Anda ketika komputer Anda mengalami crash, menduplikasi file untuk kepentingan backup, enkripsi, dan masih banyak lagi.

Dari segala kelebihan dan kekayaan fitur yang dimiliki NTFS, ternyata sistem file ini tidak begitu kompatibel dengan sistem operasi lain seperti sistem file FAT32.

Walaupun sistem file NTFS ini dapat berjalan dengan hampir semua sistem operasi Windows mulai dari Windows XP sampai Windows 10, NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi Mac OS X dimana sistem operasi ini hanya dapat membaca NTFS saja bukan menulis file pada penyimpanan NTFS.

Selain itu, kekurangan ini juga diperlihatkan dengan tidak kompatibelnya NTFS dengan sistem operasi yang ada pada Xbox 360 dan semua konsol Playstation.

 

exFAT

exFAT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 dan ditambahkan pada versi Windows lama yaitu Windows XP dan Windows Vista.

Sistem file exFAT adalah sistem file yang dioptimasi untuk flash disk. exFAT ini didesain seperti FAT32 dengan sebagian fitur tambahan yang dimiliki NTFS dan tanpa adanya batasan dari apa yang dimiliki FAT32.

Seperti halnya NTFS, exFAT memiliki batasan dari kapasitas file dan partisi yang sangat besar. Artinya, Anda dapat menyimpan file dengan ukuran di atas 4GB pada sebuah flash disk ataupun kartu SD yang sudah diformat menjadi sistem file exFAT.

Dan tidak hanya itu, exFAT juga, tidak seperti NTFS, memiliki kompatibilitas yang cukup tinggi dengan Mac OS dimana sistem operasi ini mendukung baik read ataupun write ke penyimpanan dengan mode format exFAT.

Yang menjadi kekurangan dari exFAT ini dibandingkan FAT32 adalah tidak kompatibelnya sistem file ini dengan Xbox 360 dan Playstation 3. Sedangkan exFAT sendiri dikabarkan kompatibel dengan Xbox One dan Playstation 4.

 

Kesimpulan

Dari ketiga jenis sistem file di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa exFAT secara umum sangat ideal untuk flash disk. Sedangkan NTFS sangat ideal untuk penyimpanan internal yang fungsi utamanya adalah untuk memasang Windows.

Lalu FAT32 sendiri paling cocok untuk digunakan pada penyimpanan eksternal yang difungsikan sebagai penyimpanan eksternal cross-platform dimana penyimpanannya dapat digunakan di berbagai perangkat. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel