Pengertian Kesehatan - Mau Tau Arti Kesehatan Sebenarnya ? Baca Artikel ini Aja sob!!

27 Nov 2015 23:30 2915 Hits 0 Comments
Mendeskripsikan arti sebuah kesehatan yang sebenarnya, yang selama ini banyak orang yang salah menilai apa itu arti kesehatan yang sebenarnya.

Defenisi Kesehatan

Kesehatan bersumber dari kata sifat "sehat" yang memiliki pengertian tentang suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial yang tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan. sehat mengandung 3 karakteristik yang meliputi :

  1. merefleksikan perhatian pada individu sebagai manusia
  2. memandang sehat dalam konteks lingkungan internal dan eksternal
  3. sebagai hidup yang  kreatif dan produktif

selain defenisi di muka, terdapat dua orang ahli yang telah mendefenisikan kata sehat tersebut. menurut Pender, sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain. perilaku yang sesuai dengan tujuan perawatan diri yang kompeten. sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural. sementara Paune mendefinisikan bahwa sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri yang menjamin tindakan untuk merawat diri secara adekual.

perawatan diri mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. sedangkan perawatan diri secara adekual merupakan prilaku yang sesuai dengan tujuan untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.

berangkat dari berbagai defenisi diatas, kata sehat yang telah di uraikan dimuka, maka kesehatan dapat kita artikan sebagai keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif, baik secara sosial maupun ekonomis.

Tujuan Kesehatan Dari Segala Aspek

salah satu tujuan nasional adalah memajukan kesejahteraan bangsa yang berarti memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu pangan, sandang, pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, dan ketentraman hidup. tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk. dengan demikian tanggung jawab untuk terwujudnya derajat kesehatan yang optimal berada di tangan seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam jangka panjang, pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk tercapainya tujuan utama yang meliputi :

  1. peningkatan kemampuan masyarakatr untuk menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan
  2. perbaikan mutu lingkungan hidup yang dapat menjamin kesehatan
  3. penigkatan status gizi masyarakat
  4. pengurangan kesakitan dan kematian
  5. pengembangan keluarga sehat sejahtera dengan semakin diterimanya norma keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera

Dasar-dasar Pembangunan Kesehatan

Dasar pembangunan nasional dalam bidang kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. semua warga negara berhak memperoleh derajat kesehatan yang optimal agar dapat bekerja dan hidup layak sesuai dengan martabat manusia
  2. pemerintah dan masyarakat bertanggung jawab dalam memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan rakyat
  3. penyelenggaraan upaya kesehatan diatur oleh pemerintah dan dilakukan secara serasi dan seimbang oleh pemerintah dan masyarakat.

Sumber : Panduan Terlengkap Hidup Sehat.

About The Author

Bambang Wahyudi 28
Novice

Bambang Wahyudi

saya bambang wahyudi yang selalu ingin meraih impian yang saya cita-citakan
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel