Adolphe Sax, Penemu Saxophone yang Menghiasi Google Doodle

6 Nov 2015 09:00 4222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Biografi dan kehidupan penemu saxophone

Kalau sebelumnya ada Google Doodle seorang ahli matematikawan, kali ini Google  Doodle merayakan 201 tahun seorang seniman bernama Adolphe Sax pada 6 November 2015. 

Siapa sebenarnya Adolphe Sax ini? 

Adolphe Sax ini adalah seorang tokoh penting bagi perkembangan dunia musik. Dia adalah seorang penemu saksofon dan beberapa alat musik lainnya. 

Adolphe Sax, Penemu Saxophone yang Menghiasi Google Doodle


Menciptakan Alat Musik di Usia Muda 

Bernama asli Antoine Joseph Sax, Adolphe Sax lahir pada 6 November 1814 di Dinant, Belgia. Adolphe Sax lahir dari pasangan Mr serta Mrs Charles-Joseph Sax. Jelas kalau namanya juga berasal dari orangtuanya. 

Sementara nama Antoine adalah nama alsinya tapi ia lebih sering dipanggil Adolphe semenjak kecil.  Semenjak kecil ini juga, Adolphe sudah mengenal instrumen musik. Hal ini karena kedua orang tuanya merupakan seorang instumen desainer. 

Itu pula yang kemudian membuat Adolphe bisa membuat instrumen sendiri pada sebuah kompetisi ketika umurnya baru berusia 15 tahun. 

Adolphe Sax lantas belajar lebih banyak tentang bidang alat musik dan isntrumen. Ia juga belajar  di Koninklijk Conservatorium of Brussels. 

Setelah menyelesaikan studinya, Adolphe kemudian bereksperimen terhadap alat-alat instumen yang paling baru. Yang menarik, kedua orang tuanya juga melakukan hal yang sama dengan apa yang Adolphe Sax lakukan. 

Dari beberapa eksperimennya, ia kemudian menemuanalat musik saxotromba, saxhorn serta saxtuba. Penemuan lainnya dari Adolphe Sax yang cukup penting adalah perbaikan pada bass klarinet. 

Ia melakukannya dengan cara meningkatkan keywork pada akustik serta.memperluas pada jangkauan nada yang terdengar lebih renda.  Perbaikan ini kemudian ia patenkan. Dan ia lakukan itu semua pada saat usianya tergolong mudah, yakni 24 tahun.

Sax kemudian  pindah ke negara Perancis. Ia tinggal di Paris  pada sekitar tahun 184. Di kota indah tersebut, ia mengerjakan sebuah instumen  yang dinamakan terompet valved.

 Ia kemudian memamerkan terompet tersebut pada 1844, Tapi ia baru mematenkan terompet tersebut dua tahun kemudian, yakni pada tahun 1846.

Sampai saat ini, alat musik saxophone langsung mendunia berkat jasa Adolphe Sax sebagai penyempurna ciptaan ayahnya.

Adolphe Sax, Penemu Saxophone yang Menghiasi Google Doodle

 

Setelah Kepergian Adolphe Sax

Pada 7 Februari 1894, Adolphe Sax meninggal dunia. Tapi tentu saja kematiannya tidak siai-sia karena penemuannya terhadap saksofon mempengaruhi perkembangan dunia musik. 

Sayangnya, saksofon jarang sekali mendapa julukan sebagai instumen klasik yang cukup disegani. Hal ini berkaitan dengan pengaruh saksofon terhadap  musik jazz maupun rock and roll yang cukup populer. 

Meski begitu, seorang saxophonist bernama Marcel Mule tidak menyerah bahwa saksofon nantinya akan dikenal sebagai alat musik klasik yang patut dihormati


Sampai saat ini, alat musik saxophone sendiri  langsung mendunia berkat jasa Adolphe Sax sebagai penyempurna ciptaan ayahnya.

Tags Biografi

About The Author

Hilman 77
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel