Bobotoh, Salah Satu Faktor Dibalik Kemenangan PERSIB

19 Oct 2015 12:25 5239 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jiwa raga Bobotoh hanya untuk PERSIB

PERSIB, tim sepak bola andalan yang juga menjadi favorit warga Bandung ini kemarin telah mencapai puncak kebahagiannya di tahun 2015.

Alasannya?

Apalagi kalau bukan prestasinya sebagai Champion dari kejuaraan Piala Presiden 2015 yang baru saja berakhir kemarin dengan kemenangan telak untuk PERSIB terhadap Sriwijaya FC dengan skor akhir 2-0.

Namun dibalik kemenangan PERSIB, tentu tidak lepas dari mereka para supporter setianya yang kita kenal dengan nama bobotoh.

Di bawah ini adalah foto-foto menarik seputar peristiwa yang berkaitan dengan PERSIB, dimulai dari keberangkatan para bobotoh PERSIB, keseruan ketika pertandingan dimulai, hingga euphoria ketika peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan.

 

1. Persiapan Bobotoh Sebelum Berangkat Menuju Stadion GBK

Bagi para bobotoh, bangun pagi lalu macet-macetan dan sampai panas-panasan sebelum menyaksikan langsung laga jagoannya Si Maung Bandung mengaum di stadion GBK hanyalah merupakan sebuah pengorbanan kecil.

Contohnya pada hari Minggu pagi kemarin tepatnya sebelum keberangkatan. Para bobotoh yang tersebar dan stand by di berbagai penjuru Bandung sebelum bertandang ke stadion GBK terlihat bersemangat dan kooperatif.

Contohnya para bobotoh yang sudah membirukan salah satu taman di kota Bandung seperti di bawah ini

 

Atau bobotoh yang rela ‘moyan’ (panas-panasan) dan macet-macetan di dekat Gasibu seperti gambar di bawah ini.

 

2. Keberangkatan Para Bobotoh

Dengan kawalan pihak berwajib, ratusan bus yang isinya adalah para bobotoh mulai bertandang ke stadion GBK.

 

Ada juga mereka para rombongan yang menggunakan mobil pribadi sudah terlebih dulu berangkat. Namun mereka akhirnya memutuskan untuk menunggu rombongan lainnya di KM 42 arah Jakarta.

 

Sayangnya, tidak semua bobotoh dapat berangkat ke stadion GBK. Buktinya, masih ada bobotoh yang terlantar di depan Gedung Sate pada hari Minggu kemarin hingga pukul 12 siang seperti yang dilansir oleh PRFM News Channel lewat twitter salah seorang follower-nya rifzkynugraha.

 

3. Rombongan Bobotoh Tiba di Stadion GBK

Sampai di Stadion GBK para bobotoh disambut oleh penjagaan ketat dari pihak berwajib yang menjamin akan menjaga keamanan dan ketertiban pada saat sebelum pertandingan, selama pertandingan hingga akhirnya para bobotoh pulang ke wilayah asalnya.

 

Selain itu juga, banyak para bobotoh yang langsung menyerbu Ticket Box sehingga antriannya menumpuk seperti terlihat di bawah ini.

 

Bagi mereka para bobotoh beragama Muslim yang ingin melaksanakan ibadah, tempat untuk shalat, walaupun di bawah terik matahari, sudah disediakan seperti gambar yang diambil oleh kang Agus Suherman di bawah ini.

 

4. Bobotoh yang Memutuskan Untuk Mendukung di Depan Layar Kaca

Walaupun cukup banyak bobotoh yang menyaksikan langsung di stadion Gelora Bung Karno, lebih banyak lagi yang memutuskan untuk mendukung jagoannya PERSIB dengan menontonnya lewat televisi.

Nonton sendirian?

Tidak juga, karena kalau nonton sendirian pasti akan kesepian.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil atau yang lebih sering kita sapa dengan Kang Emil beserta jajaran staffnya sudah memberikan alternatif bagi para warga Bandung yang tidak berangkat ke stadion GBK untuk menyaksikan laga PERSIB Bandung bersama-sama dengan bobotoh lain di berbagai titik di kota Bandung.

Dilansir dari halaman Facebook milik Kang Emil, lokasi Nobar Final Piala Presiden terpusat di beberapa titik, antara lain Taman Film, Alun-Alun Bandung, Cikapundung Riverspot dan Stadion Sidolig serta kelurahan/RW masing-masing.

Nobar (Nonton Bareng) tentunya tidak dapat dilakukan setiap orang di tempat yang sudah ditentukan. Bagi mereka yang sedang dalam perjalanan, Nobar PERSIB juga bisa dilakukan seperti yang di bawah ini, dimana satu handphone ditonton oleh 10 orang bobotoh.

 

5. Kemenangan PERSIB

PERSIB berhasil menjadi juara berkat kerjasama timnya yang kompak dan juga dua pemainnya yang pintar memanfaatkan peluang yang ada sehingga berbuah menjadi gol.

Kedua pemain itu adalah Achmad Jufriyanto yang mencetak gol pertamanya di final tersebut di menit-menit awal, dan Makan Konate yang berhasil memanfaatkan umpan di menit-menit terakhir babak pertama.

Banyak hal yang dilakukan oleh para bobotoh demi meluapkan kebahagiaan atas kemenangan PERSIB terhadap Sriwijaya FC.

Salah satunya adalah foto dari kang Hasañ Ayyura. Foto ini memperlihatkan para bobotoh yang sedang berada di Taiwan meluapkan kegembiaraannya dengan melakukan Sujud Syukur.

 

 

 

Gambar Via: Halaman Facebook PRFM News dan  Fanspage Ridwan Kamil

 

 

 

 

 

 

 

Tags Olahraga

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel