Laptop Biasa Atau Laptop Bisnis?

9 Oct 2015 14:33 5695 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
5 Alasan untuk memilih laptop bisnis dibandingkan laptop biasa.

Membeli laptop tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Selain harus memikirkan spesifikasi laptop yang cocok dengan kebutuhan, serta harga dari laptop tersebut, masih banyak hal lain yang harus jadi bahan pertimbangan.

Untuk laptop sendiri, jenisnya ada bermacam-macam. Mulai dari laptop biasa yang diperuntukkan untuk pemakaian normal dengan harga terjangkau hingga harga yang mahal, laptop bisnis dengan spesifikasi tinggi dan harga yang cukup mahal, hingga laptop gaming yang spesifikasinya super tinggi dan memiliki harga yang luar biasa mahalnya.

Laptop biasa yang harganya terjangkau tidak begitu direkomendasikan bagi mereka yang sangat aktif dalam menggunakan laptop. Karena mungkin saja ketika Anda sedang minum dan tiba-tiba air tumpah ke laptop, itu mungkin menjadi akhir dari laptop Anda.

Berbeda pada laptop bisnis atau gaming yang pada umumnya dibuat dengan casis atau kerangka yang lebih menjaga keamanan penggunanya. Selain itu, pilihan konfigurasi pada kedua tipe laptop ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan laptop biasa.

Namun, dengan harganya yang cukup tinggi, laptop gaming mungkin bukan menjadi pilihan bagi mereka yang fokusnya tidak melibatkan aktivitas bermain game.

Oleh karena itu, laptop bisnis adalah satu-satunya pilihan bagi mereka yang tidak ingin menggunakan laptop biasa karena walaupun murah, ketahanannya tidak sekuat laptop bisnis. Sedangkan laptop gaming dari segi harga sudah sangat jauh berbeda dan tidak begitu direkomendasikan untuk digunakan oleh umum.

Oleh karena itu, disini akan dibahas tentang alasan untuk membeli laptop bisnis dibandingkan dengan laptop biasa yang diperuntukkan untuk orang-orang rumahan.

 

1. Memiliki Build Quality yang Kokoh

Jika Anda pergi ke toko pusat elektronik dimana terdapat toko-toko laptop yang memajang laptop-laptop yang mereka jual, apakah pernah Anda cermati kualitas material yang ada pada setiap laptopnya? Umumnya laptop-laptop bisnis menggunakan polikarbonat yang juga biasa digunakan sebagai bahan pada pesawat terbang.

Selain itu, banyak juga laptop bisnis yang menggunakan bahan stainless steel sebagai bahan yang membalut keseluruhan laptopnya.

Sedangkan pada laptop biasa, bahan yang digunakan biasanya berupa plastik yang memang cukup kuat namun tidak tahan dengan benturan atau tekanan yang berlebihan.

 

2. Layar Pada Laptop Bisnis Menggunakan Layar Matte

Layar apa yang paling nyaman bagi laptop sehingga dapat digunakan dimana saja?

Yang pasti bukan layar glossy atau mengkilap yang dapat merefleksikan wajah kita ketika terkena cahaya berlebih. Hal itu tentunya akan mengganggu aktivitas kita. Apalagi pada layar glossy umumnya memiliki sudut pandang yang jelek.

Maksudnya, orang yang berada di sebelah kiri dan kanan Anda tidak akan dapat melihat apa yang sedang Anda kerjakan.

Tapi dengan layar bertipe Matte, atau layar yang biasa disebut dengan layar anti-glare, Masalah pada laptop berlayar glossy tidak akan dijumpai lagi.

Namun, tidak semua laptop bisnis menggunakan layar matte. Contohnya adalah laptop yang memiliki fungsi layar sentuh.

 

3. Keyboard yang Lebih Baik

Hal ini mungkin berdasarkan selera saja, tapi keyboard pada kebanyakan laptop bisnis memiliki tactile yang lebih terasa. Apa itu tactile?

Tactile adalah sebuah perasaan dimana Anda merasakan bahwa Anda telah menekan sebuah tombol terasa bahwa Anda itu sudah menekan sebuah tombol. Jadi, ada suatu feedback dari keyboard tersebut sebagai respon bahwa Anda telah menekan sebuah tombol.

Selain itu, keyboard pada laptop bisnis juga memiliki keyboard yang lebih responsif dibandingkan laptop biasa.

 

4. Baterai yang Dapat Diganti

Tidak seperti 3 hingga 4 tahun yang lalu, baterai pada laptop-laptop yang diproduksi pada tahun-tahun sekarang memiliki baterai yang sudah terintegrasi dengan laptopnya. Jadi, ketika baterai pada laptop tersebut bermasalah, untuk menggantinya Anda harus datang ke service center dari laptop tersebut untuk mengganti baterainya.

Pada sebagian besar laptop bisnis, bahkan hingga saat ini, Anda masih dapat mengganti baterai bermasalah pada laptop bisnis yang Anda gunakan sendiri. Artinya, Anda telah menghemat waktu untuk mengantri di service center dan menunggu penggantian baterai yang umumnya menghabiskan waktu di atas satu jam.

 

5. Harga Hanya Berbeda Tipis

Contoh saja laptop Toshiba Satelite Radius P55W yaitu sebuah laptop biasa yang diperuntukkan untuk semua tipe konsumen, dan laptop Lenovo Thinkpad Yoga 14” yang tipe laptopnya adalah laptop bisnis.

Kedua laptop itu dibanderol dengan harga 10,8 juta dan 12,5 juta. Artinya dengan selisih 1.7 juta saja, Anda sudah dapat membeli laptop bisnis dengan segala kelebihannya.

 

Kesimpulan

Banyak para produsen laptop besar memproduksi laptop-laptopnya dengan pemikiran bahwa pengguna rumahan dan pengguna laptop untuk bisnis harus diberikan produk berbeda. Namun, itu hanyalah strategi marketing para vendor laptop tersebut.

Yang harus kita pikirkan sebagai konsumen adalah spesifikasi dari laptop yang akan kita beli itu dapat memenuhi kebutuhan kita atau tidak. [FM]

 

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel