Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime, Pilih Mana?

7 Oct 2015 10:16 12468 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perbandingan harga dan spesifikasi Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime

Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime-Ada dua smartphone yang  saling sikut dan membuat bingung pengguna di kelas entry level. Kedua smartphone yang saya maksud adalah Meizu M2 Note dan Xiaomi Redmi 2 Prime . 

Sebenarnya, agak kurang fair membandingkan keduanya. Ini karena Meizu M2 Note adalah sebuah phablet dengan layar 5,5 inci. Sementara Xiaomi Redmi 2  Prime adalah sebuah smartphone 4,7 inci. 

Tapi kalau menilik harganya, keduanya berada pada rentang harga yang sama. Dan tentu saja ini akan membuat banyak pengguna bingung.  

Ada yang menginginkan Xiaomi Redmi 2 Prime karena jelas kualitas Xiaomi sudah teruji. Ada yang menginginkan Meizu M2 Note karena menghadirkan spesifikasi yang lebih tinggi. 

Apapun itu, sebenarnya tergantung kebutuhan. Smartphone seperti apa yang sebenarnya kita butuhkan? 

Agar lebih mudah, mari lihat tabel perbandingan berikut  yang kemudian dilanjut dengan deskripsi perbandingan dari kedua produk. 

Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime, Pilih Mana?

 

Layar dan Desain 

Sudah jelas jika soal layar, Meizu M2 Note lebih lebar. Layar Meizu M2 Note juga memiliki resolusi yang tinggi., yakni Full HD 1080p. Sementara Redmi 2 Prime masih mengusung layar dengan resolusi 720p. 

Tapi tentu saja tidak semua orang akan menyukai layar 5,5 inci. Bagi beberapa orang, layr 4,7 inci dianggap ukuran layar yang cukup karena lebih mudah navigasi dengan satu tangan. 

Nah, bagi Anda yang tidak mau ribet menggunakan smartphone dengan dua tangan, maka Redmi 2 Prime pilihannya. 

Tapi tentu saja jika Anda punya selerea desain yang tinggi, Meizu M2 Note bisa kemblai Anda pertimbangkan. Pasalnya, desain Meizu M2 Note terlihat lebih bergaya. Bahkan, terkesan seperti iPhone. 

Sementara Xiaomi Redmi 2  Prime tetap mengusung konse desain khas Xiaomi Redmi 2. 


Performa dan Hardware

Kalau membandingkan diatas kertas, tampak bahwa Meizu M2 Note unggul. Ini karena chipset yang diusungnya memiliki prosesor delapan inti. Sementara Redmi 2 Prime hanya memiliki prosesor empat inti. 

Tapi, tentu saja jumlah core atau inti prosesor tidak menjadi patokan. Ada faktor lainnya yang membuat sebuah smartphone memiliki kemampuan baik. 

Kalau diperhatikan, mungkin Meizu M2 Note sedikit lebih unggul meskipun sama-sama ditopang dengan RAM 2GB. Tapi, Snapdragon 410 sudah terbukti cukup bisa diandalkan. Bahkan untuk memainkan games dengan grafis tinggi, seperti Asphalt 8. 

Soal performa ini, kedua smartphone ini tampaknya tidak akan mengalami perbedaan jauh secara performa. Mungkin akan ada sedikit perbedaan tetapi tidak terlalu siginifikan. 

Hanya saja, jika Anda membutuhkan ruang kapasitas yang lebih besar, Meizu M2 Note adalah pilihan.  

Xiaomi Redmi 2 Prime dan Meizu M2 Note sebenarnya mengusunng memori internal yang sama, 16GB. Tapi, Meizu M2 Note memiliki dukungan memori eksternal hingga 128GB. Sementara Redmi 2 Prime hanya sampai 32GB. 

Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime, Pilih Mana?

Kamera 

Saya tidak akan menjelaskan telralu panjang. Anda bisa menilainya. Meizu M2 Note didukung dengan kamera depan 5MP dan kamera belakang 13MP dengan dukungan dual LED Flash. 

Sementara Xiaomi Redmi 2 hanya mengusung kamera depan 2MP dan kamera belakang 8MP. 

Untuk Anda yang senang selfie dan senang memotret gambar, jelas Anda bisa menentukan smarpthone yang ingin Anda pilih diantara keduanya. 

 


Fitur dan Baterai 

Ada fitur unggulan yang mungkin akan membuat Anda sedikit kebinungan. Meizu M2 Note memiliki fitur penghematan baterai sampai 30%. 

Ini karena Meizu M2 Note mengusung Flyme 4.5 yang berbasis Android Lolipop dengan kostumisasi agar sistem bisa bekerja lebih lancar tidak memberatkan. 

Sementara Xiaomi Redmi 2 Prime memiliki fitur yang untuk pengisian baterai cepat. 

Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, maka Redmi 2 Prime bisa jadi pilihan karena Anda bisa isi baterai hanya 30 menit untuk daya tahan sampai 75% saja.  Padahal Redmi 2 Prime hanya didukung dengan baterai Li-Po 2200 mAh. 

Sementara Meixu M2 Note dibekali baterai yang tidak bisa dilepas dengan kapasitas 3100 mAh. Cukup wajar Meixu M2 Note ,memiliki kapasitas baterai yang lebih besar mengingat layarnya yang lebar dan penggunaan prosesor octa core. 

Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi 2 Prime, Pilih Mana?


Harga dan Kesimpulan 

Dengan semua spesifikasi tersebut, Meizu M2 Note dibanderol dengan harga Rp 1,6 juta saja. Sementara Redmi 2 Prime dibanderol dengan harga Rp 1,7 jutaan saja. 
Perbedaan harga ini memang tidak terlalu jauh sehingga akan membuat Anda bingung.

Tapi, jika Anda orang yang membutuhkan smartphone dengan tampilan gaya, layar yang luas, kebutuhan fotografi dan selfi, maka Meizu M2 Note adalah pilihannya. 

Sementara jika Anda orang yang memiliki mobilitas tinggi, kinerja optimal dari hardware, dan membuthkan sebuah smartphone dengan pengisian baterai cepat, maka Redmi 2  Prime adalah pilihan Anda 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel