Laptop Gaming MSI Bertenaga Intel Skylake

5 Oct 2015 15:35 3934 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah ketiga tipe laptop MSI pertama yang menggunakan Intel Skylake

Jika sebelumnya penulis pernah mengulas tentang laptop ASUS dengan prosesor Intel generasi ke-6 atau yang dinamakan dengan prosesor Intel Skylake, kini penulis akan menyajikan beberapa laptop keluaran pabrikan asal negeri tirai bambu lainnya, yaitu laptop MSI.

Pada bulan september 2015, MSI yang dikenal sebagai produsen perangkat keras yang dikhususkan untuk bermain game, telah mengumumkan jajaran laptop terbarunya yang bertenagakan Intel Skylake.

 

Mulai dari yang tertinggi yaitu MSI GT72 Dominator, hingga ke kelas menengah dan terendahnya yaitu Stealth, Apache dan Prestige.

 

MSI GT72 Dominator

Adalah sebuah laptop terbaru dengan spesifikasi terbaik yang baru saja dikeluarkan MSI.

Kenapa terbaik diantara laptop MSI terbaru lainnya?

Pada laptop MSI GT72 Dominator sudah terpasang Intel Skylake teratas yaitu Core i7 6820K. Selain itu VGA yang terpasang pada laptop ini juga adalah VGA terbaik versi mobile yang ada di pasaran saat ini yaitu Nvidia GeForce GTX 980M.

Disela-sela perilisannya, MSI juga turut menyatakan bahwa laptop ini adalah laptop pertama bertenaga Intel Skylake yang mampu untuk overclocking atau dalam bahasa Indonesia lebih kita kenal dengan istilah “peningkatan performa”.

Untuk RAM-nya sendiri, laptop ini dikatakan dapat memuat hingga 64GB DDR4 dengan kecepatan 2133MHz. Lalu, dengan memanfaatkan Super RAID 4 dari MSI, dalam laptop ini dibenamkan sepasang SSD sebesar 256GB dan satu buah HDD sebesar 1TB.

Dengan spesifikasi di atas, laptop ini sudah bisa dipastikan untuk dapat bekerja secara maksimum dalam memainkan game di resolusi 2K.

Untuk layarnya sendiri memiliki ukuran 17.3 Inch dengan lapisan yang sudah dilapisi anti-glare demi menjaga kenyamanan pengguna.

Walaupun dapat secara maksimal memainkan game dengan ukuran layar 2K, layar pada laptop ini sendiri masih menggunakan resolusi full HD atau 1080p.

 

Stealth dan Apache

Adalah laptop kelas menengah dari MSI. Kedua tipe dari laptop ini juga ikut diluncurkan bersamaan dengan GT72 Dominator.

Pada laptop MSI Stealth dan Apache, Intel Skylake jika sekilas dilihat memang sama dengan apa yang digunakan pada GT72 Dominator yaitu Intel Core i7. Yang membedakannya, jika pada GT72 Dominator menggunakan i7 6820k, pada laptop MSI stealth dan Apache yang digunakan adalah Core i7 dengan tipe yang lebih rendah yaitu 6700HQ.

Kemudian, VGA yang digunakan dalam tipe laptop ini juga satu kelas lebih rendah dibandingkan GT72 Dominator yakni, GTX 970M. Sedangkan untuk RAM, laptop ini sudah mendukung hingga 64GB dengan RAM bawaannya sebesar 16GB.

Untuk layarnya sendiri, masih agak mengecewakan karena dengan spesifikasinya yang harusnya dapat secara optimal bekerja pada layar 2k, laptop tipe apache dan stealth masih menggunakan layar 1080p layaknya MSI GT72 Dominator.

Dan anehnya, layar 2k hanya ada pada satu laptop yang spesifikasinya lebih rendah yaitu, GS60 Stealth.

Hal lain yang membedakan laptop tipe Apache dan Stealth dibandingkan GT72 Dominator adalah kedua tipe laptop ini tidak memiliki teknologi Super RAID 4. Contohnya pada GS60 Stealth, hanya menggunakan sebuah SSD berukuran 256GB. Berbicara tentang ruang penyimpanan, semua tipe Apache dan Stealth sudah menggunakan HDD sebesar 1TB dengan kecepatan 7200 RPM sebagai ruang penyimpanan utamanya.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membandingkan spesifikasi dari ketiga laptop gaming MSI terbaru pada tabel di bawah ini.

 

MSI Prestige

Selain laptop gaming yang sudah disebutkan di atas, MSI juga mengeluarkan laptop berspesifikasi serupa dengan Apache dan Stealth. Nama laptopnya adalah MSI Prestige.

Yang membedakan MSI Prestige dengan Apache atau Stealth adalah target pasarnya. Jika Apache dan Stealth ditargetkan untuk mereka para pecinta game. Seri Prestige lebih ditujukan untuk para profesional muda atau para pecinta fotografi. Karena salah satu keunggulan MSI Prestige adalah pada layarnya yang menyajikan warna yang dapat disesuaikan.

Sistem pada MSI ini disebut True Color. Ada total 6 preset layar dalam sistem MSI ini yang dapat mendukung penggunanya melakukan aktivitasnya antara lain, mode Gamer, Anti-Blue, sRGB, Office dan Movie.

Dan bagi mereka yang tidak nyaman dengan salah satu preset di atas, masih bisa mengatur kembali dari salah satu preset yang ada untuk kemudian disesuaikan dengan selera kita.

Ada tiga tipe dari MSI Prestige yang telah dirilis dengan salah satunya berlayar 17.3 inch. Untuk lebih jelas lagi membandingkan ketiga tipe dari MSI Prestige Anda dapat melihatnya dari tabel perbandingan spesifikasi di bawah ini.

Tags Laptop

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel