Pilih Toko Online Gratisan atau Berbayar?

2 Sep 2015 16:26 2841 Hits 0 Comments
Pertimbangkan keputusan Anda dengan matang sebelum memilih dan menyewa toko online untuk keperluan bisnis Anda. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Teknologi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Semakin majunya teknologi membuat kehidupan manusia menjadi semakin dinamis. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi ini adalah semakin berkembangnya dunia maya alias internet. Saat ini berbagai informasi dapat dengan mudah diperoleh hanya bermodalkan akses internet. Kehadiran smartphone, semakin populernya sosial media, serta perkembangan zaman yang menuntut untuk selalu ‘up to date’ menjadikan nge-net kini bukan lagi sekedar aktivitas yang dilakukan sebagai pengisi waktu luang, namun sebagai kebutuhan terutama bagi pelajar, mahasiswa, pejabat pemerintahan, selebriti, hingga pelaku bisnis.

Bagi mereka yang terjun dalam dunia bisnis, internet menjadi salah satu ladang promosi yang cukup menguntungkan. Tanpa harus repot masuk dari satu rumah ke rumah lainnya, mempromosikan produk dari satu orang ke orang yang lain, atau tanpa perlu mengeluarkan cukup banyak uang untuk menyewa baliho atau memasang iklan di Koran, dengan internet biaya mengiklankan produk bisa menjadi lebih murah bahkan gratis dengan viewer yang tidak terbatas daerah jangkauannya.

Toko online adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis online sehingga sangat perlu diprioritaskan. Tidak heran, kini banyak muncul berbagai jasa pembuatan toko online dengan harga yang bervariasi tergantung dari layanan yang ditawarkan.  Kehadiran jasa pembuatan toko online ini memang cukup membantu bagi mereka yang belum mampu secara finansial untuk membangun toko konvensional atau toko biasa, atau bagi mereka yang ingin melebarkan sayap usahanya ke internet.

Yang jadi kendala, biaya jasa pembuatan toko online –meskipun jauh lebih murah daripada membangun sebuah toko konvensional- yang rata-rata berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah (sekitar 1 sampai 3 jutaan) untuk membangun sebuah website toko online pribadi masih terasa berat untuk ukuran pebisnis pemula dengan modal usaha yang pas-pasan, sehingga hanya sanggup  memasarkan produk melalui sosial media. Bahkan bagi mereka yang berjualan online dengan sistem dropship, tentunya akan berpikir dua kali untuk mempergunakan jasa pembuatan toko online ini. Apalagi kebanyakan masih mengenakan biaya perpanjangan sewa per tahunnya. Jika pendapatan sebuah toko online sanggup menutupi biaya sewa per tahun tentu hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika dalam 6 bulan pertama saja belum mendatangkan penjualan sama sekali, maka inilah yang akan menjadi bumerang bagi pemilik toko online tersebut. Berbeda halnya jika si pelaku bisnis memang mempunyai modal yang cukup dan yakin bahwa usahanya akan mendatangkan pendapatan yang cukup besar dalam waktu setahun, maka hal ini tentu tidak menjadi masalah.

Namun, membuat toko online dengan menggunakan domain gratisan pun bukanlah menjadi solusi yang tepat bagi para pelaku bisnis. Tidak hanya terlihat kurang professional, namun juga memberikan kesan kurang meyakinkan di mata calon konsumen. Ditambah lagi banyaknya kasus penipuan bermodus toko online yang akhirnya membuat masyarakat semakin hati-hati dalam membelanjakan uangnya lewat dunia maya.

Salah satu solusi yang tepat bagi masalah ini adalah dengan menggunakan jasa online marketplace sebagai pihak ketiga antara buyer dan seller. Online marketplace sangat menguntungkan dari segi keamanan bertransaksi, baik menjual maupun membeli. Meskipun tidak se-ekslusif toko online berbayar, namun bagi pelaku bisnis pemula yang benar-benar baru dalam dunia bisnis online tentu hal ini sangatlah membantu.

Tags

About The Author

Nur Ramadhana 33
Ordinary

Nur Ramadhana

An ordinary girl

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel