7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

5 Aug 2015 18:00 3797 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Inilah 7 goa bawah tanah dengan keindahan dan kemegahan tak tertandingi
 

Goa selalu identik dengan kesan seram. Letaknya yang yang biasanya  ada di kaki pegunungan, atau berada di balik hutan rindang membuat goa terkesan angker. 

Apalagi kalau lihat film-film petualangan, goa sellau identik dengan tempat persembunyian. kadang-kadang juga ada hal-hal misteri di dalamnya. Film-film itu juga kadang menampilkan goa sebagai sarang dari makhluk-makhluk halus. 

Padahal Goa tidak terkesan seperti itu. Jangan selalu  bayangkan goa identik dengan ruang gelap, ada makhluk lain atau aneh, dan kesan angker lainnya. Ada lho, goa yang menampilkan keindahan alam.  Goa-goa ini bahkan bisa memanjakan mata dan membuat orang yang datangnya akan berpikir berbeda tengang goa. 
 
Kali ini Plimbi akan menyajikan 7 Goa bawah tanah dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan yang tersebar di berbagai belahan dunia.

 

1. Goa Reed Flute

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa yang juga dikenal dengan nama “Istana Seni Alami” ini berlokasi di barat laut Guilin di Cina bagian selatan.

Nama Reed Flute sendiri berasal dari legenda yang menyatakan bahwa reed (alang-alang) yang terdapat di mulut goa ini dapat dijadikan seruling.

Di bagian dalam goa ini banyak terdapat banyak batu kapur dengan bentuk yang unik dan warna yang beragam sehingga terbentuklah kombinasi yang menakjubkan.

 

2. Goa Kristal

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa ini ditemukan pada tahun 2000 secara tidak sengaja oleh para penambang yang sedang membuat terowongan dari tambang Naica di belahan utara Mexico.
 
Pada ruang utamanya terdapat salah satu bongkahan kristal terbesar di dunia yang terbentuk secara alami. Ukuran kristal yang ditemukan di goa ini mencapai panjang 11 meter dengan diameter sepanjang 4 meter dan berat seberat 55 ton.

Alasan kenapa kristal ini sangat besar adalah akibat dari suhu di dalam goa yang mencapai 58 derajat celsius sehingga mengakibatkan kristal berkuruan sangat kecil dapat tumbuh.

 

3. Goa Mulu

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa yang terletak di Borneo, tepatnya di Taman Nasional Gunung Mulu, merupakan objek wisata favorit warga Malaysia.

Taman Nasional ini mencakup goa-goa dan formasi karst di kawasan pegunungan dengan latar hutan hujan tropis.

ruangan bernama Sarawak yang ditemukan di bawah goa ini memiliki luas 700 x 396 meter dengan tinggi sekitar 70 meter.

Yang mungkin membuat kita kaget, ternyata ruangan Sarawak ini merupakan ruangan di dalam goa terluas di seluruh dunia. Konon katanya goa ini ruangan ini dapat memuat 40 buah pesawat Boeing 747s.

Selain itu, salah satu daya tarik goa ini adalah ketika kawanan kelelawar yang sedang mencari makan beterbangan di malam hari.

 

4. Goa Jeita

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa Jeita terdiri dari dua gua kapur yang terpisah namun berhubungan. Kedua buah goa kapur itu dibagi menjadi dua bagian yaitu goa bagian atas dan goa bagian bawah.

Goa bagian atas memiliki banyak mineral stalaktit (batu-batuan yang biasa menempel di atas goa kapur). Sedangkan goa bagian bawah yang memiliki panjang keseluruhan 6200 meter dan berjarak 60 meter dari goa bagian atas, dilalui  oleh aliran air sungai yang tenang dan sebuah danau kecil.

 

5. Goa Skocjan

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa ini merupakan goa dengan lorong tertinggi di Eropa dengan jurang yang sangat dalam. Diantara jurang dalam itu terpasang sebuah jembatan dan terdengar kucuran air mancur. Jika dibayangkan, para fans kisah Lord of The Ring pasti merasa goa ini mirip seperti yang ada pada film itu.

Selain itu, Goa ini juga memiliki struktur stalaktit dan stalagmit yang sangat memanjakan mata.

Goa Skocjan terbentuk dari aliran sungai Reka. Awalnya sungai tersebut ada dipermukaan, namun lama kelamaan hilang di bawah tanah.

Air dari sungai tersebut kembali ke permukaan setelah 34 kilometer mengalir tidak jauh dari pesisir Adriatic.

6. Sungai bawah tanah Puerto Princesa

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Objek wisata ini terletak di sebuah hutan yang dikelilingi oleh gunung di bagian utara pesisir pulau Palawan, Filipina. Sungai bawah tanah ini merupakan sungai bawah tanah terpanjang di dunia sebelum ditemukannya sungai bawah tanah di semenanjung Yucatan, Mexico pada tahun 2007.

Panjang Puerto Princesa mengalir sejauh 8.2 kilometer melewati goa bawah tanah yang indah sebelum akhirnya terurai di laut China selatan.


7. Goa Waitomo

7 Goa Bawah Tanah Pemanja Mata

Goa yang merupakan salah satu lokasi favorit para turis ini terletak tepat di luar kota Waitomo. Goa ini adalah rumah dari spesies bernama Arachnocampa Luminosa yang lebih dikenal dengan nama glow worm. Glow worm sendiri adalah larva betina dewasa seukuran nyamuk yang dapat mengeluarkan cahaya.

Terbentuk sejak 30 juta tahun yang lalu, goa ini sudah terkenal dengan kemegahannya berkat glow worm yang menghiasi dinding-dinding goa. [FM]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel