5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu

5 Aug 2015 08:00 7519 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Belajar banyak hal dari para penemu

Anda pengguna smartphone dengan layar sentuh? Pengguna keyboard untuk komputer dan laptop? Atau rajin membaca buku dalam bentuk fisik? Ya, semua benda-benda tersebut hadir di tengah-tengah kita berkat para penemu.

Ada banyak sekali penemu di dunia yang mungkin saja belum Anda ketahui semuanya. Sejarah penemuan sesuatu terkadang bisa membuat mata terbelalak dan merasa tidak percaya.

Saat ini, sebagai pengguna berbagai macam hasil penemuan, Anda bisa memetik berbagai pelajaran penting dari para penemu. Berikut uraian beberapa pelajaran penting yang bisa dipetik dari para penemu.

Mempelajari Sesuatu dengan Tekun

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu
Pelajaran pertama yang bisa dipetik dari para penemu adalah mempelajari sesuatu dengan tekun.

Pelajaran ini sebagai contohnya bisa kita dapatkan dari sang penemu radio, Guglielmo Marconi. Radio merupakan salah satu penemuan penting yang manfaatnya dan kegunaannya masih bisa dirasakan sampai sekarang.

Guglielmo Marconi yang lahir pada tanggal 25 April 1874 ini adalah seseorang yang tekun dalam mempelajari dan melakukan percobaan.

Ia pada akhirnya mendapatkan ide untuk membuat radio setelah dirinya dengan tekun mempelajari berbagai percobaan tentang gelombang eletromagnetik yang telah dilakukan oleh Heinrich Hertz. 

Kegigihannya mempelajari sesuatu dengan tekun telah membawanya sebagai seorang penemu yang berhasil memberikan temuan yang bermanfaat untuk dunia.

Mencoba Hal-Hal Baru

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu
Mencoba hal yang baru bisa menjadi salah satu jalan bagi seseorang untuk mencapai keberhasilan. Pelajaran ini bisa dipetik dari seorang penemu yang berasal dari negeri Cina, Cai Lun (Ts’ai Lun) yang bernama lengkap Cai Jungzhon.

Seseorang yang hidup pada masa Dinasti Han ini memiliki ide untuk mencoba membuat metode menulis pada media lain selain media bambu dan kain sutra.

Ia merasa muak dengan metode menulis yang sudah lama digunakan tersebut, terlebih harga sutra yang mahal dan bambu yang berat jika dibawa ke mana-mana. Ia membuat kertas pertama kalinya dengan bahan-bahan seperti sisa rami, jaring ikan, sisa kain, dan kulit kayu murbei.

Keberhasilannya membuat kertas ini mendapatkan penghargaan dari kaisar dan ia pun mendapatkan gelar bangsawan dan berhasil menjadi seorang cukong.

Kegigihan dalam Belajar

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu
Kegigihan dalam belajar bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Belajar tidak terbatas oleh usia. Pelajaran satu ini bisa dipetik dari perjuangan seorang Michael Faraday, sang penemu listrik.

Faraday yang merupakan bagian dari sepuluh orang bersaudara ini tidak bisa disekolahkan oleh ayahnya dan akhirnya pada saat berusia 14 tahun ia sudah bekerja.

Faraday sangat gigih dalam belajar, di saat ia memiliki waktu senggang, ia rajin membaca berbagai buku pengetahuan alam, fisika, dan kimia.

Ia juga rajin mengikuti ceramah ilmuwan Inggris yang terkenal sampai akhirnya ia bisa menjadi seorang penemu listrik dan dijuluki sebagai Bapa Listrik.

Fokus

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu
Fokus pada satu hal dan mempelajarinya sebaik mungkin bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Seperti sang penemu email ini, Anda bisa memetik pelajaran untuk bersikap fokus terhadap apa yang sedang anda lakukan dari seorang Raymond Tomlinson.

Raymond Tomlinson merupakan seseorang yang sangat menggemari bidang teknologi terutama komputer. Rasa sukanya pada bidang tersebut membuatnya terus melanjutkan kuliah di bidang yang masih berhubungan dengan teknologi dan komputer.

Raymond Tomlinson akhirnya berhasil menemukan email yang sampai saat ini manfaatnya bisa kita rasakan bersama.

Inovatif

5 Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Para Penemu
Inovatif, merupakan pelajaran yang bisa dipetik dari penemu layar sentuh atau touchscreen, George Samuel Hurst. Layar sentuh saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan zaman.

Berbagai perangkat sudah menggunakan temuan dari seorang Sam ini.

Sam yang merupakan seorang ahli Fisika dan penulis makalah teknis ini telah menciptakan sebuah inovasi yang sangat bermanfaat dan banyak digunakan sampai sekarang. Sikap inovatifnya bisa menjadi pelajaran dan contoh yang baik untuk kita semua.

Itulah beberapa pelajaran penting yang bisa dipetik dari para penemu. Salah satu bentuk pengharagaan kita untuk mereka adalah dengan mengembangkan atau menggunakan temuan mereka untuk hal yang positif dan bermanfaat untuk dunia.

Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel