7 Fitur Windows yang Wajib Anda Ketahui

4 Aug 2015 16:00 3104 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini adalah beberapa fitur Windows 10 yang mungkin akan Anda butuhkan suatu saat.

Apakah rekan pembaca disini sudah menginstall  Windows 10 ke perangkat komputer masing-masing? Kalau sudah, plimbi ada beberapa tips dan trik mengenai Windows 10 teranyar ini yang dapat membantu rekan semua dalam menggunakan Windows 10.

Shortcut Key pada Windows 10

Bagi mereka yang hobi menggunakan tombol windows, di bawah ini adalah beberapa kombinasi tombol keyboard dalam Windows 10 :

  • WIN + KIRI / KANAN: mengecilkan ukuran jendela yang terbuka menjadi setengahnya.
  • ALT + TAB: Masih sama seperti dulu untuk berpindah-pindah aplikasi
  • WIN + TAB: Mode task view
  • WIN + CTRL + D: Membuat Virtual Desktop baru
  • WIN + CTRL + F4: Menutup Virtual Desktop yang terbuka
  • WIN + CTRL + KANAN atau KIRI: Berpindah antara Virtual Desktop

Menggunakan Tablet Mode Seperti di Windows 8

Bagi yang dulunya memakai Windows 8 dan merasa kangen dengan fitur Tablet Mode, Anda dapat menggunakannya di Windows 10 dengan cara klik pada ikon notifikasi yang letaknya di taskbar.
 
Setelah itu akan muncul action center dari sebelah kanan layar. Pilih tablet mode untuk kembali merasakan Windows 8.


Memainkan Game Xbox One di PC dengan Windows 10

Cara termudah mengaktifkannya adalah dengan menyalakan aplikasi Xbox di PC Anda. Lalu pastikan konsol Xbox Anda dalam keadaan menyala dan terhubung pada jaringan Wi-Fi yang sama.

Setelah itu Anda dapat menikmati bermain Xbox di perangkat komputer Anda.


Cara mengkustomisasi menu Start

Di menu start penuh dengan aplikasi-aplikasi yang menumpuk yang mungkin tidak semua orang suka. Tapi jangan khawatir ternyata aplikasi tersebut bisa kita atur ulang baik ukurannya atau posisinya.

Caranya, masuk ke start menu kemudian klik kanan pada ubin aplikasi yang ingin anda posisikan ulang. Pilih Resize lalu pilih small agar ada slot untuk memposisikan ubinnya. Lalu kemudian drag & drop ubin aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke slot atau tempat lain.

Membuat Virtual Desktop

Virtual Desktop adalah salah satu fitur favorit para pengguna Mac OS X. Dan kini menjalankan banyak desktop hadir juga di Windows 10.

Untuk membuat satu virtual desktop tekan tombol Window + Tab. Nanti sebuah jendela baru akan muncul dan memperlihatkan virtual desktop yang ada. Untuk menambah jumlah virtual desktop, silahkan kembali ke nomor 1 tentang ‘Shortcut key pada Windows 10'.

Atau lebih mudahnya, ketika virtual desktop muncul pilih ‘+ New Desktop’ di sebelah kanan bawah untuk menambah satu virtual desktop.


Game DVR, penangkap konten berupa video atau gambar

Salah satu fitur yang ada di Windows 10 adalah Game DVR. Yaitu sebuah fitur untuk merekam aktivitas bermain game Anda.
 
Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu membuka ke Xbox App. Kemudian gunakan akun microsoft anda untuk mulai menggunakan aplikasi tersebut.

Tekan tombol Windows + Tombol G pada keyboard Anda lalu pilih ‘Yes’. Kemudian, akan muncul sebuah toolbar untuk menangkap konten yang anda inginkan. Salah satunya adalah merekam dan menghentikan rekaman dengan menekan tombol Windows + Alt + R.

Atau jika ingin mengambil printscreen, Anda tinggal menekan tombol Windows + Alt + Print Screen.

Selain mampu merekam aktivitas bermain game, ternyata Game DVR juga mampu untuk  merekam aktivitas lainnya.

Video yang terekam akan tersimpan di C:\users\%username%\Videos\Captures sebagai penyimpanan default.

 

Bosan atau Kecewa dengan Windows 10? Kembali saja ke Windows 7 atau 8

Mungkin bagi beberapa orang, Windows 10 tidak sesuai dengan keinginan mereka. Seperti masih banyaknya masalah yang membuat pusing kepala.

Untuk kembali ke Windows Anda sebelumnya, Anda diberikan waktu selama satu bulan. Jadi, dalam waktu satu bulan anda bisa kapan saja kembali ke Windows 7 atau 8.

Cara pertama adalah dengan mem-backup semua data yang Anda peroleh sejak menggunakan Windows 10. Gunakan HDD Eksternal atau penyimpanan online seperti OneDrive atau Google Drive.

Langkah selanjutnya masuk ke Settings, kemudian pilih Update & Security. Setelah itu, pilih Recovery dan cari ‘Go back to a previous Windows version’.

Pilih alasan kenapa anda ingin kembali ke Windows sebelumnya. Setelah itu pilih Next > Next > Go back to a previous Windows. Setelah itu komputer akan me-restart secara otomatis dan Windows Anda akan kembali lagi ke windows sebelumnya yang Anda pakai. [FM]

 

Tags Windows 10

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel