Mengenal USB Type-C di Smartphone

28 Jul 2015 13:30 9102 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengenal lebih dekat USB Type-C untuk smartphone  

Apa itu USB Type-C?-Sebuah perubahan kecil berkekuatan besar telah datang ke dunia ponsel pintar. Mungkin bagi sebagian orang perubahan ini memang tidak begitu berarti. Akan tetapi, Plimbi akan bahas soal perubahan ini agar kelak ketika Anda menemukannya, anda tidak akan bertanya “apa itu?”

 

Namanya USB Type C atau USB-C

Seperti kita tahu, setiap ponsel biasanya memiliki sebuah port baik di bawah, di samping atau di atas yang fungsinya sebagai colokan power untuk mengisi daya baterai atau penghubung dengan PC.

Port tersebut dinamakan USB Port.

Kebanyakan port yang ada pada ponsel sekarang adalah USB tipe B sedangkan yang ada pada PC bernama USB tipe A.

Lalu apa USB tipe C?

Mengenal USB Type-C di Smartphone

USB ini atau yang biasa disingkat USB-C sangat menarik dilihat dari berbagai aspek. Yang pertama, USB tipe ini bisa digunakan secara terbalik.

Maksudnya, tidak seperti Micro-USB yang dimiliki di ponsel Anda sekarang yang harus tahu mana bagian atas colokan dan bagian bawah colokan, pada USB-C Anda dapat dengan bebas memasangkan kabel USB-C ke port USB-C tanpa harus khawatir mana atas mana bawah.

Sebagai tambahannya, USB-C juga telah mendukung standar untuk USB 3.1.

Dengan kata lain, sekarang Anda dapat melakukan hal lain selain mengisi daya baterai ponsel anda. Contohnya mentransfer data multimedia secara cepat. Selain itu standar USB 3.1 Juga memiliki kemampuan untuk mengisi daya gadget lain yang daya baterainya sudah sekarat.

Selain itu, fakta bahwa para produsen perangkat gadget juga mulai memasang USB-C pada produknya berarti ponsel anda berpotensi untuk berbagi kabel USB-C dengan ponsel lain.

 

Asumsi salah tentang USB-C dan USB 3.1

Walaupun USB-C memiliki fitur yang dimiliki oleh USB 3.1, kedua USB tersebut ternyata berbeda secara fisik. Selain itu, keunggulan yang dimiliki USB-C yang sudah dijelaskan di atas tidak dimiliki oleh USB 3.1

Berikut adalah gambar letak posisi USB-C (kiri) yang bersebelahan dengan USB 3.1

 

Mengenal USB Type-C di Smartphone

 

Sebentar, Masih ada lagi!

Untuk memanfaatkan secara penuh fitur USB-C yaitu efek dari USB 3.1, Sistem Operasi yang Anda gunakan tentunya sangat berpengaruh. Alasannya, untuk menjalankan fitur USB 3.1, Sistem Operasi pada ponsel anda harus di-coded agar dapat berjalan dengan fitur-fitur ekstra tersebut.

Sebuah perusahaan manufaktur ponsel asal China bernama Letv sudah mengimplementasikan USB-C pada ketiga tipe ponsel pintar miliknya.

Tapi google menyatakan bahwa Letv tidak akan bisa membagi daya baterai menggunakan USB-C tersebut sebelum Android M, yaitu sistem operasi generasi berikut, muncul. Alasannya, Google belum memasukkan kode tersebut ke sistem android sekarang yaitu Lollipop.

 

Banyak kabel, Banyak Masalah

Dengan adanya USB-C, maka kabel yang Anda miliki pun semakin beragam. Kenapa?

Contohnya, Anda memiliki ponsel dengan USB-C tapi laptop Anda masih menggunakan USB-A. Secara otomatis, Anda akan membutuhkan kabel yang dapat dipasangkan di USB-C dan USB-A agar dapat mentransfer data.

Intinya, jika Anda adalah orang yang suka menghubungkan ponsel Anda ke media lain seperti laptop atau speaker, maka Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli kabel baru dan juga membawa berbagai jenis kabel kemana-mana.

 

USB-C tersedia di perangkat “Flagship” terlebih dahulu

Implementasi USB-C ini ternyata tidak akan serentak dipasang di semua perangkat gadget seperti yang dilansir oleh Cnet. Contohnya, Apple yang hanya memasangkannya di perangkat komputernya saja. Lalu, Google yang hanya memasang di Chromebook.

Kemudian untuk gadget jenis ponsel Tablet Nokia N-1, ketiga ponsel dari Letv dan mungkin juga Oneplus generasi 2 yang kabarnya rilis bulan Juli ini.

 

Kapan USB-C ada di setiap perangkat keras?

Akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk USB-C terpasang di setiap gadget karena setiap perusahaan manufaktur ponsel pintar harus bersiap-siap dulu mengadaptasi teknologi ini. Tapi mengutip pernyataan Trevor Hirsch yang berada di belahan bumi barat sana, penyebaran USB-C akan mulai ramai di musim liburan berikutnya.

 

Kesimpulan

Setelah Anda membaca dari atas, dan mengerti tentang apa itu USB-C, Plimbi yakin Anda tidak akan bingung lagi ketika menemukan ponsel pintar atau mungkin laptop di masa depan dengan port USB yang berbeda. [FM]

via Cnet

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel