Tips Menyembunyikan Folder Rahasia

14 Jul 2015 08:39 3299 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Sembunyikan file folder rahasia agar tak diketahui orang!

Tips Menyembunyikan Folder-Namanya juga komputer pribadi, tentu penggunanya berhak menyimpan file-file pribadi. File rahasia perusahaan, file pekerjaan atau karya, atau file-file lain yang tidak perlu diperlihatkan kepada orang lain adalah file yang biasanya dirahasiakaN.

File-file pribadi dan rahasia semacam itu biasanya sengaja disimpan dalam suatu folder khusus yang sengaja dibuat untuk sulit ditemukan.

Akan tetapi, ada juga orang jahil dan iseng, yang justru sengaja mencari-cari file yang sekiranya “bernilai” rahasia. Entah sekadar kepo, kata bahasa sekarang, entah memang oknum tersebut sengaja mencari dan membongkar rahasia Anda.

Namun jangan khawatir, Anda dapat menangkal orang-orang iseng seperti ini dengan berbagai cara. Salah satunya adalah membuat folder rahasia yang tak terlihat.

Folder rahasia yang tak terlihat ini sangat mudah dibuat dan praktis untuk digunakan. Anda dapat membuatnya di mana saja di dalam direktori komputer Anda. Baik di Desktop, My Documents, atau folder-folder di dalam media penyimpanan portable seperti USB flash drive atau kartu memori.

Berikut ini adalah trik yang bisa Anda coba untuk terapkan di komputer Anda. Pada langkah-langkah berikut ini, kami berikan contoh pembuatan folder rahasia di Desktop komputer bersistem operasi Windows.

 

Buat Folder Baru

Baik, mari kita mulai pembuatan folder tak terlihat ini dengan membuat sebuah folder baru. Kecilkan semua jendela yang terbuka hingga Desktop Windows tampil. Cara cepatnya, tekan shortcut keyboard CTRL + D atau tekan tombol Show Desktop di ujung kanan Task bar (Windows 7).

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

 

Buat folder baru dengan mengeklik kanan pada Desktop, arahkan ke menu New, lalu pilih Folder. Biarkan dulu nama foldernya, kita ubah belakangan.

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

 

Hilangkan Ikonnya

Tahap selanjutnya adalah menghilangkan ikon folder baru ini. Sebenarnya bukan benar-benar menghilangkan atau menghapus karena secara teknis tak ada folder Windows yang tidak memiliki ikon. Lebih tepatnya sebenarnya mengganti ikon folder ini dengan ikon transparan alias tak terlihat. Berikut ini caranya.

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Buka jendela Properties dari folder baru tadi. Klik kanan pada folder baru, lalu pilih Properties.Di jendela yang tampil, klik pada tab Customize. Selanjutnya di panel tab tersebut, klik tombol

 

 

Change Icon

 

Akan muncul sebuah jendela yang menampilkan daftar ikon yang dapat digunakan untuk menggantikan ikon folder Anda. Coba geser daftar tersebut ke kanan beberapa kali, sampai Anda menemukan tiga slot kosong di dalam daftar ikon tersebut.

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Ini adalah tiga ikon transparan yang dimaksud yang akan digunakan untuk menggantikan ikon folder Anda.

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Pilihlah ikon transparan yang berada di baris kedua. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya. Kemudian, pilih OK untuk mengonfirmasi pilihan ikon.

Kembali ke panel Customize, perhatikan bahwa ikon folder Anda sekarang sudah tidak ada.

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Sekarang klik Apply, lalu OK.

Kembali ke Desktop, perhatikan bahwa folder baru Anda kini tak memiliki ikon—ya, karena ikonnya transparan.

 

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

 

Hilangkan Namanya

Langkah terakhir adalah menghilangkan nama folder. Sekali lagi, sebenarnya bukan benar-benar menghilangkan atau menghapus namanya, karena secara teknis, setiap folder di Windows selalu memiliki nama dalam bentuk string alfanumerik.

Mari Kembali ke folder yang baru “dihilangkan” ikonnya.

Klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih Rename.

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Sekarang, tekan kombinasi ALT + 0160 di keyboard. Kombinasi ini menghasilkan karakter kosong yang biasanya muncul ketika Anda mengetikkan tombol SPACEBAR alias tombol Spasi.

Baiklah, kini perhatikan Desktop, folder Anda sekarang sudah tak terlihat, invisible. Sekarang Anda dapat memasukkan berbagai file rahasia namun Anda ingin selalu akses dengan cepat. Selamat

 

Tips-tips Menyembunyikan Folder Rahasia

Demikianlah tips dan trik membuat folder tak terlihat di Desktop Windows. Sekadar tips tambahan: selalu ingat di mana posisi Anda meletakkan folder ini. Baiknya letakkan di ujung-ujung layar Desktop atau ditandai dengan shortcut lain. Selamat mencoba! [SN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel