Lakukan Ini Ketika Anda ingin Menghemat Baterai

3 Jul 2015 05:16 2210 Hits 0 Comments
Berbagai aplikasi pada google play pun tersedia bagi anda yang ingin menghemat baterai smartphone anda. Namun, bagi anda yang tidak ingin menginstal aplikasi lain untuk menghemat pemakaia daya baterai ponsel pintar anda, berikut kami hadirkan kiat-kiat khusus untuk menghemat baterai smartphone tanpa harus install aplikasi.

Seperti yang kita ketauhi bersama, smartphone android sangat menguras daya baterai. Apalagi dengan kinerja prosesor yang semakin cepat di tambah tampilan layar yang semakin inovatif tentunya akan semakin mempercepat penggunaan baterai.

Berbagai aplikasi pada google play pun tersedia bagi anda yang ingin menghemat baterai smartphone anda. Namun, bagi anda yang tidak ingin menginstal aplikasi lain untuk menghemat pemakaia daya baterai ponsel pintar anda, berikut kami hadirkan kiat-kiat khusus untuk menghemat baterai smartphone tanpa harus install aplikasi,

Matikan Mode Getar (Vibrations)

Meskipun sinyal getar memudahkan kita untuk tau ada panggilan masuk atau notifikasi lain, hal ini menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai anda tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia.

Turunkan Brightness Pada layar smartphone Anda

Atur Brightness layar android anda, karena layar smartphone yang anda miliki menjadi salah satu alasan habisnya daya baterai ponsel anda selain GPS tentunya. Anda dapat mengatur cahaya di layar  agar tidak terlalu terang namun  cukup nyaman dilihat mata.

Matikan Wifi, Wifi Hotspot, GPS, Bluetooth Saat Tidak Digunakan

 Hidupkan berbagai fitur konektifitas saat anda butuhkan saja, banyak sebagian orang yang lupa mematikannya saat fitur itu tidak di butuhkan lagi dan otomatis akan mengurangi daya tahan baterai anda.

Gunakan Wifi

Selain dapat menghemat paket kuota internet anda, memilih untuk menggunakan wifi ketimbang data seluler dapat juga menghemat baterai anda. Apabila anda berada pada lokasi yang coverage jaringan seluler anda sedikit, maka otomatis smartphone anda akan mengoptimalkan jaringan yang ada untuk tetap terhubung ke internet. Hal tersebut tentu saja menjadikan kinerja prosesor semakin bertambah dan tentunya semakin memperboros baterai.Gunakan Wifi, karena Wifi memiliki jaringan yang lebih stabil bila dibandingkan dengan koneksi data seluler.

Tutup Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone yang tidak menutup aplikasi yang baru saja digunakan secara benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka walaupun tidak sedang digunakan. Hal ini tentu saja membuang daya bateraimu dengan cuma-cuma. Jika kamu menggunakan Android, kamu hanya harus tap tombol multitasking dan kamu bisa swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan untuk menutupnya.

Matikan GPS (Location Services)

GPS atau layanan lokasi adalah yang terbesar penggunaan baterainya di smartphone selain layar kamu. Kamu bisa mematikan GPS di menu Setting smartphone kamu. Dengan begitu kamu akan menghemat pemakaian baterai. Nyalakan GPS saat kamu perlukan saja, misalnya saat menggunakan Maps untuk mencari suatu lokasi.

Demikianlah beberapa tips untuk menghemat daya baterai anda tannpa menggunakan aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat. (Rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel