Belanja Online? Ini Tips nya

3 Jul 2015 03:06 2280 Hits 0 Comments
Terjadinya sebuah penipuan di Lazada membuat banyak orang berfikir ulang untuk berbelanja di e commerce.

Beberapa hari lalu publik Tanah Air di hebohkan dengan kicauan Twitter dari salah satu pembeli di situs belanja online Lazada.

Pemilik akun twitter @danisdarusman ini mengaku membeli smartphone Iphone 6 Plus di Lazada, alih-alih mendapatkan smartphone impian, Danis ternyata malah mendapatkan sabun batangan. "Beli iphone 6+ nyampenya sabun nuvo! Hanya di @LazadaID BURUAN GUYS!!! Buruan bangkrut maksudnya lo," Demikian kicau Danis di Twitter.

Terkait kasus tersebut, para konsumen diharapkan untuk lebih teliti dalam memilih situs belanja online. Kicauan Danis tersebut sontak membuat geger dunia maya dan para netizen.

Walaupun pihak Lazada Indonesia saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait aduan Danis yang mengaku telah mengalami penipuan belanja online, namun tetap saja para masyarakat harus lebih aware ketika berbelanja online.

Berikut beberapa tips nya kami sediakan untuk anda

Baca Kebijakan Situs Web

Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

Pertimbangkanlah cara pembayaran

Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan. Pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD boleh dipertimbangkan.

Testimonial

Testimonial adalah kesaksian dari para pembeli yang pernah membeli dari penjual tersebut, Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja kaskuser yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh kaskuser dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik. Testimonial-testimonial dari penjual dapat dilihat di subforum khusus di fjb yaitu subforum Feedback dan lain sebagainya.

Simpan bukti transaksi

Simpanlah bukti transaksi anda ketika selesai melakukan transaksi, termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.(rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel