Tips untuk mempertahankan passion of teaching

1 Jul 2015 17:07 1904 Hits 0 Comments
Di bawah ini ada beberapa langkah untuk mempertahankan passion of teaching

Di bawah ini ada beberapa langkah untuk mempertahankan passion of teaching:

Ingatlah Mengapa Anda Mencintainya

Ingatlah mengapa anda mencintai ide mengajar pada awalnya. Anda ingin memberikan sesuatu kepada siswa anda dan merasa harus melakukan tugas ini dengan baik. Anda punya passion untuk berbagi pengetahuan dengan siswa. Ingatlah bahwa siswa yang peduli pada pendidikan dan bahwa mereka juga ingin berbuat baik. Hal ini memang sudah jarang terjadi di masa kini, tapi kenyataannya, masih ada siswa yang peduli.

Siswa

Ada satu siswa sepanjang perjalanan mengajar yang mampu anda bantu. Anda dapat memberikan inspirasi kepada siswa untuk berbuat lebih baik kepada dirinya. Ingatlah apa yang anda lakukan bagi siswa anda dan terus menempa diri untuk membantu siswa lain dengan cara yang sama dengan siswa sebelumnya. Jika anda pernah menolong siswa anda menjadi insan yang lebih baik, anda akan merasa bahagia dalam mengajar.

Anda Tidak Tahu Siapa yang Terinspirasi

Saat anda mengajar, anda menyentuh kehidupan siswa dan anda biasanya tidak menyadarinya. Anak yang tadinya suka berbicara mungkin akan mendengarkan anda lebih dari yang anda harapkan. Mereka adalah siswa yang tidak pernah menyampaikan kepada anda betapa mereka sangat terinspirasi dengan apa yang anda kerjakan. Ada banyak siswa yang datang ke dan pergi dari kelas anda yang telah terinspirasi untuk melakukan hal yang baik dalam hidupnya. Siswa-siswa tersebut tidak selalu mengatakannya kepada anda atau bahkan menunjukkan betapa banyak yang sudah anda lakukan untuk mereka. Simpanlah siswa-siswa itu dalam pikiran anda saat sudah merasa mau berhenti mengajar karena mengajar itu sulit.

Kamu Tidak akan Pernah Merasa Bahagia yang Sesungguhnya Saat Melakukan Hal Lain

Guru terinspirasi menjadi guru karena mereka mencintai mengajar. Ini adalah hal yang mereka mimpikan sejak mereka kecil. Jika anda berhenti mengajar, anda tidak akan pernah merasa bahagia ketika anda melakukan hal lainnya. Anda akan merasakan mendapatkan uang lebih banyak karena melakukan hal lainnya. Anda mungkin akan menikmati sebentar, tapi jangka panjangnya, anda akan sangat merindukan mengajar karena mengajar sudah ada di dalam darah anda. Simpanlah dalam ingatan anda bahwa ini adalah mimpi anda dan cobalah untuk mencari hal-hal yang membuat anda menjadi passionate about teaching. Bertahanlah pada hal tersebut karena inilah yang akan membuat passion hidup.

Mengajar adalah pekerjaan yang berat. Pekerjaan ini lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya. Jangan cepat menyerah. Carilah passion anda lagi. Temukanlah satu hal yang menginspirasikan anda dari semua yang anda tahu dan dekatkanlah hal tersebut dengan anda. Jangan menyerah dengan siswa-siswa. Mereka membutuhkan  guru yang lebih baik dari sebelumnya. Wallahu a’lam bishowab. ( sumber dari beberapa kajian Ery Retno Artini Psi. Msc (Edu))

 

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel