Teaching Passion : Kado Istimewa Guru untuk Anak

1 Jul 2015 05:32 2223 Hits 0 Comments
Beberapa guru menemukan “passion”nya mulai berkurang, yang dapat menjadi kontra produktif baik bagi guru maupun siswanya

JAKARTA, Plimbi - Mengajar adalah profesi menakjubkan dimana anda dapat merubah kehidupan ratusan anak. Banyak guru yang memulai pekerjaan sebagai guru dengan “passion” yang luar biasa terhadap profesi, tapi ternyata pekerjaan sebagai guru dapat menjadi pekerjaan sulit yang tidak selalu penuh dengan bunga seperti yang dibayangkan oleh para guru baru.

Dengan berjalannya waktu, beberapa guru menemukan “passion”nya mulai berkurang, yang dapat menjadi kontra produktif baik bagi guru maupun siswanya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk dapat mempertahankan “passion for teaching.”

Ingatlah, pertama kali, mengapa anda menjadi guru. Banyak guru yang mengatakan karena ingin menolong siswa dan mungkin dapat merubah masa depan siswa. Anda mungkin dapat memahat presiden masa depan atau pemenang Hadiah Nobel. Anda mungkin mulai dari berpikir tentang anak dan bagaimana anda dapat membuat perbedaan dalam hidupnya.

Ingatlah tentang sukses yang pernah anda dapatkan – siswa yang dapat berkembang lebih dari yang mereka pikirkan mereka dapat capai karena anda, siswa yang anda bantu dapat kuliah, siswa yang pernah anda bantu untuk dapat mengatasi kesulitan atau kebutuhan khususnya, apapun itu, banyak guru yang mendapatkan waktu dimana mereka benar-benar telah membuat perbedaan di dalam portofolio mental mereka.

Ingatlah hal tersebut dan syukuri. Anda mungkin ingin menyimpan semuanya dan membantu anda untuk mengingat kehidupan siswa yang pernah anda sentuh, seperti buku tahunan dan juga surat-surat dari mantan siswa anda.

Strategi lain untuk mempertahankan “teaching passion” adalah memvariasikan pelajaran. Banyak guru yang telah mengajar lama memiliki silabus dan rpp yang sama, dari tahun ke tahun. Hal ini memang membuat nyaman dan rutin, tapi berakhir dengan kebosanan bagi guru yang akhirnya mengarah pada hilangnya “teaching passion.”

Rubahlah rpp anda. Lihatlah jika anda dapat merubahnya atau tambahkan beberapa hal yang menarik. Suntikkan hal baru (berkaitan dengan kekinian) ke dalam pelajaran anda. Anda tidak akan menyadari betapa menyenangkan mengajar sampai anda mencoba menambahkan hal baru. Menciptakan perencanaan pembelajaran baru yang akan mendapatkan apresiasi dari siswa akan membantu anda mempertahankan “teaching passion.”

Mengajar adalah  pekerjaan yang menyenangkan dimana beberapa orang telah membuktikan dapat memberikan perbedaan pada siswa. Cobalah untuk mengingat apa yang telah anda kerjakan juga rubahlah beberapa hal yang ada kaitannya dengan masa kini yang dapat membantu anda mempertahankan “passion” anda (sumber dari beberapa kajian Ery Retno Artini Psi. Msc (Edu))

 

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel