Lakukan Ini Jika Andoid Anda Mulai Lemot

1 Jul 2015 04:45 3844 Hits 2 Comments
Operating Sistem Androoid mengkonsumsi RAM yang sangat besar. Berbagai cache dari aplikasi yang terinstal pun juga ikut andil menjadikan ponsel android pengguna nya menjadi lelet dan tidak secepat ketika baru dibeli.

Smartphone Android adalah smartphone yang bisa dibilang paling digandrungi oleh masyarakat dunia pada saat ini.H al tersebut dapat dilihat dari banyaknya vendor smartphone android yang sangat laris di pasaran.

Bila dibandingkan dengan platform iOS, windows, bahkan Blackberry, smartphone ber platform android lah yang paling banyak di cari oleh para pengguna gadget di seluruh dunia. Salah satu hal yang membuat Operating Sistem ini disukai adalah sistemnya yang open source dan juga menyasar semua kalangan. Tidak seperti iOS atau Windows yang hanya di gemari oleh beberapa golongan saja.

Namun tanpa disadari, ternyata Operating Sistem yang satu ini mengkonsumsi RAM yang sangat besar. Berbagai cache dari aplikasi yang terinstal pun juga ikut andil menjadikan ponsel android pengguna nya menjadi lelet dan tidak secepat ketika baru dibeli.

Berbicara mengenai lelet atau yang lebih popular dengan sebutan lemot ini, hal ini lah yang sering dikeluhkan oleh banyak pengguna nya. Beruntung bagi anda yang memiliki smartphone android dengan spesifikasi yang mumpuni. Tentunya bagi mereka yang memiliki smartphone android berspesifikasi garang, istilah lemot atau lelet ini sangat jarang sekali di temukan.

Namun bagaimana dengan mereka yang hanya memiliki smartphone android dengan spesifikasi yang standar? Pasti lemot atau lelet sering sekali anda jumpai pada smartphone anda yang memiliki spesifikasi kurang mentereng. Namun anda tidak perlu khawatir karena kami memberikan tips agar smanrtphone anda tidak lelet. Berikut tips nya.

 Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background

Salah satu cara mempercepat android yaitu dengan menutup aplikasi yang berjalan pada background. Karena itu ketika anda sedang membuka suatu aplikasi makan jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi task killer untuk menutup aplikasi tersebut.

Restart dan Update Sistem

Mengutip laman Business Insider, Senin (16/2/2015), sesekali smartphone Anda perlu di-restart seperti komputer. Sebelum Anda mengambil langkah-langkah lain, coba matikan atau restart smartphone Anda.

Jika smartphone Anda lemot, mungkin Anda belum menginstal versi Android terbaru. Untuk meng-update sistem, pilih Settings> About device untuk melihat apakah ada update yang tersedia.

Bersihkan Chache Data

Smartphone Anda terkadang akan menyimpan gambar atau sejumlah data yang terkait dengan aplikasi tertentu sehingga tidak perlu men-download setiap kali Anda membuka sebuah aplikasi.

Mungkin ada gambar yang disimpan pada smartphone Anda dari sebuah aplikasi. Hapus ini dengan masuk ke Settings> Storage> Cached data.

Melakukan Factory Reset

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan tetapi kinerja dari android anda tetap saja lemot maka anda bisa melakukan factory reset supaya kinerja smartphone android anda tidak lemot lagi. Dengan melakukan factory reset ini maka akan mengembalikan smartphone anda ke dalam pengaturan awal.

Demikkian lah sedikit tips yang kami bagikan agar mempercepat performa android anda dalam hal multitasking dan memperkecil kemungkinan lagging. Jika memang beberapa tips ini tidak bisa menjadikan performa smartphone android anda seperti baru, tapi setidaknya dapat mempercepat performa smartphone yang kamu miliki .(Rie)

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel