Tidur dekat Ponsel ? Ini Bahaya nya

30 Jun 2015 10:44 2573 Hits 0 Comments
sejatinya ponsel berguna untuk mendukung setiap aktifitas yang kita lalui sehari-hari, namun hal buruk akan terjadi apabila kita terlalu tergantung dengan gadget kita sendiri. Seperti di Film Terminator terbaru yang mengatakan bahwa robot ciptaan manusia akan memusnahkan manusia itu sendiri. Semua itu tergantung dari sikap anda dalam mengontrol diri sendiri

Sudah bukan Rahasia umum lagi apabila jumlah pengguna Smartphone di Indonesia meningkta dari tahun ke tahun. Perubahan gaya hidup pun terjadi dimana para pengguna gadget ini terlihat sangat panik apabila smartphone mereka tertinggal di rumah bila di bandingkan dengan dompet mereka.

Selain itu, hadirnya banyak gadget yang menawarkan berbagai macam aplikasi sosial juga menciptakan sebuah fenomena baru yang di kalangan kawula muda Indonesia dengan sebutan Autis, bukan hanya itu bahaya yang akan dirasakan apabila anda terlalu mendewakan smartphone, gaya baru masyarakat Indonesia adalah mereka membiasakan meletakan smartphone mereka di samping mereka ketika sedang tidur. Mungkin terdengar sepele, namun kebiasaan ini ternyata cukup membahayakan bagi si pengguna. Apa saja bahaya yang akan mengancam mereka? Simak ulasannya berikut ini.

Bahaya Gejala Hypervigiliance

Para pengguna smartphone yang membiarkan ponsel mereka berada di tempat tidur dapat terkena hypervigilance. Hypervigiliance ialah suatu gejala di otak yang membuat seseorang mengalami ketegangan dan kewaspadaan terus menerus.

"Dalam rangka untuk mendapatkan tidur malam yang baik, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun. Dengan ponsel yang berada di dekat Anda pada malam hari, secara sadar Anda ingin menggunakan ponsel itu. Otak akan memantau situasi dan tidur Anda, tidur akan menjadi lebih mudah terganggu," ujar Dr Neil Stanley dari Leeds University, sebagaimana dilansir laman Huffington Post, Senin (29/6/2015),

Menyebabkan tumor otak

Radiasi antena pada ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Umumnya tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tidak sedikit pula ditemukan kasus di mana tumor juga dapat menyerang anak-anak. Oleh karena itu, mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan ponsel terlalu sering, apalagi sampai dibiasakan tidur di dekatnya.

Memperparah Alzheimer

Penyakit Alzheimer memang tidak menular dan umumnya menyerang seseorang yang sudah tua. Namun, bagi mereka yang terbiasa tidur di dekat perangkat ini, radiasi dari antena smartphone tadi dapat mempercepat proses seseorang mengalami Alzheimer.

Menghambat metabolisme tubuh

Diketahui bahwa ketika seseorang tertidur sesungguhnya di saat inilah metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif. Oleh karena itu, bila seseorang terpapar radiasi ponsel atau bila tidur jadi tidak nyenyak, maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan atau pun proses detoksifikasi racun di dalam tubuh juga ikut terganggu.

Sebenarnya masih banyak bahaya lai yang mengancam anda ketika tidur berdekatan dengan sebuah smartphone dan gadget lainnya. Saran kami, mulai sekarang anda harus lebih smart dalam menggunakan smartphone. (Rie)

 

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel