5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!

29 Jun 2015 13:00 3149 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Daftar 5 smartphone dunia yang masuk ke dalam daftar Guiness World Record. 

Guiness World Records atau yang juga dikenal dengan The Guinness Book of Records, merupakan sebuah buku rujukan, diterbitkan per tahun, berisikan kumpulan-kumpulan rekor dunia, seperti prestasi manusia maupun hal lain yang mendapat pengakuan secara internasional. Banyak dari Anda mungkin hanya mengetahui bahwa Rekor Dunia Guinness telah mencatat orang tertinggi, tanaman paling beracun di dunia, sungai dengan arus paling pendek, serial TV paling laris, sampai perusahaan retail paling sukses di dunia. Namun ternyata, Rekor Dunia Guinness juga mencatat smartphone-smartphone di dunia yang memiliki prestasi tersendiri. Apa sajakah itu? 

 


Gionee Elife S5.1

5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!

Smartphone pertama yang masuk ke dalam Guiness World Record adalah Gionee Elife S5.1 yang dibuat oleh produsen asal Tiongkok. Smartphone ini menjadi perangkat paling tipis di dunia, dengan sisi yang hanya berukuran 5.31 mm, mengalahkan iPhone 6 yang memiliki ketipisan 6.9 mm dan Samsung GALAXY Alpha yang saat itu dirilis bersamaan, dengan sisi berukuran 6.7 mm. Saat diluncurkan, smartphone ini menawarkan spesifikasi terbaik pada era-nya, seperti OS Android 4.3, layar Super AMOLED seluas 4.8 inch beresolusi HD 1280 x 720 piksel, RAM 1 GB serta chipset Qualcomm Snapdragon 400. 

Baca Juga : Review Gionee Elife S5, Android Quad Core Tipis

 


HTC One

5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!

Smartphone selanjutnya yang masuk ke dalam daftar The Guinness Book of Records datang dari brand asal Taiwan, HTC. Melalui smartphone HTC One, Rekor Dunia Guinness mencatat pada tahun 2013 dimana sebanyak 500 unit perangkat tersebut dikumpulkan menjadi satu untuk membuat gambar animasi raksasa. Sementara pamerannya sendiri dilakukan saat perhelatan National Olympic Sports Centre di Beijing berlangsung. Sedikit flashback, HTC One menjadi flagship pertama HTC yang datang dengan desain berbeda, dibalut material metal dengan peletakan dua buah speaker pada sisi depan. 

 

Baca Juga: Perbedaan Antara HTC One M8 dengan HTC One M7

 

 

LG 2X

5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!
Kemudian, ada pula produk buatan pabrikan Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar Rekor Dunia Guinness, yaitu LG 2X. Smartphone yang dirilis pertama kali pada tahun 2011 ini tercatat sebagai perangkat ponsel pintar pertama yang membawa prosesor Dual Core didalamnya. Saat itu, LG 2X dirilis membawa spesifikasi paling mampuni, seperti layar IPS seluas 4 inch dengan resolusi 480 x 800 piksel, OS Android 2.2 Froyo, rear kamera 8 MP yang dipadukan kamera depan 1.3 MP,  GPU ULP GeForce dan baterai berkapasitas 1500 mAh.

Baca Juga: Perbandinga LG 2X dengan Smartphone Lain 

 

 

LG G4

5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!

Selain seri 2X, brand LG juga memiliki smartphone yang masuk ke dalam daftar Rekor Dunia Guinness, yaitu flagship terakhirnya G4. Smartphone premium terbaru ini tercatat dalam buku rekor melalui kategori “longest selfie relay chain” atau jumlah orang terbanyak yang melakukan foto selfie, menggunakan perangkat smartphone yang sama, serta di tempat yang sama pula. Kemudian, The Guinness Book of Records juga mencatat, rekor yang dilakukan di Mexico City pada awal bulan Juli ini mengabadikan gambar selfie orang-orang sebanyak 746 kali dan dalam waktu yang hanya 2 jam saja. 

Baca Juga : Review Hands-On  LG G4 Smartphone dengan Kamera Depan Berkualitas

 


OPPO R5

5 Smartphone ini Masuk Daftar Guiness World Record, Lho!

Jika beberapa tahun lalu Gionee Elife S5.1 masuk ke dalam daftar smartphone tertipis di dunia, tahun 2014 lalu Rekor Dunia Guinness mengumumkan kembali smartphone yang memiliki bodi paling tipis. Smartphone tersebut datang dari brand asal Tiongkok, OPPO, yang juga merupakan kompetitor utama Gionee. Perangkat besutan OPPO ini adalah seri R5 yang memiliki ketebalan hanya berukuran 4.85 mm saja. Sementara dari spesifikasi teknis, OPPO R5 datang dengan spesifikasi menarik, seperti layar Super AMOLED 5.2 inch, rear camera 13 MP, RAM 2 GB, serta chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. 

Baca Juga :  OPPO R5 - Smartphone Berbadan Tipis

 


Kesimpulan

Yang menarik dari kategori smartphone tertipis di dunia adalah pemegang rekor yang tidak bertahan lama. Contohnya saja Gionee Elife S5.1 yang beberapa tahun setelahnya digantikan oleh OPPO R5, dan tidak lama lagi sepertinya Rekor Dunia Guinness akan mencatat smartphone tertipis baru, yaitu Micromax Canvas Silver 5. Selain kelima smartphone diatas, Anda pun perlu mengetahui jika situs Mi.com yang merupakan milik Xiaomi juga masuk ke dalam Guiness World Record dimana situs online tersebut telah berhasil menjual lebih dari 2 juta produk dalam waktu kurang dari 24 jam saja. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel