Metode bor pile dengan alat mini crane

28 Jun 2015 20:34 7970 Hits 0 Comments
Berikut ini tahapan pekerjaan pondasi dengan mesin alat bor pile mini crane yang bisa menambah pengetahuan anda.
Pondasi bore pile merupakan salah satu tipe pondasi dalam yang dipergunakan untuk bangunan, apabila kondisi tanah dasarnya tidak mempunyai daya dukung untuk memikul berat bangunan.
Bored pile mini crane adalah pondasi dalam yang fungsinya sama dengan pondasi tiang pancang, yang membedakan adalah pada cara pembuatan pondasi tersebut. Bor pile dikerjakan dengan cara tanah di bor atau di buatkan lubang terlebih dahulu lalu dimasukan besi tulangan yang sudah di install, kemudian dimasukan adukan beton atau pengecoran setempat.
Berikut ini langkah-langkah pengerjaan jasa pondasi bor pile mini crane :

 1. Menentukan titik koordinat dan titik patok As bored pile beserta pilecapnya, dengan menggunakan theodolite dan waterpass.

 2. Dalam menentukan titik awal pengeboran di haruskan berada dilokasi yang tidak mengganggu pekerjaan sirkulasi angkutan material.
 
 3. Mempersiapkan peralatan pengeboran dan tempat perawatannya dekat dengan lokasi pengeboran.
 
 4. Merencanakan alur pergerakan alat bor agar nantinya perpindahan alat menjadi efisiensi dalam segi waktu
 
 5. Melakukan pengeboran, ada 2 metode yang biasanya dilakukan untuk pengeboran yaitu wash boring dan dry drilling yang besar diameternya mulai dari 30 cm, 40 cm, 50 cm dan 60 cm.

Bor pile dengan sistem dry drilling :
 Tanah dibor dengan menggunakan mata bor spiral dan tanah yang di bor diangkat setiap interval kedalaman 0,5 meter. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai kedalaman yang ditentukan. Pengeboran ini dilakukan apabila karakterstik tanah yang dibor cenderung tanah pasir dan tanah yang lunak.

Bor pile dengan sistem wash boring :
 Tanah dikikis dengan menggunakan mata bor cross bit. Pengikisan tanah dibantu dengan tiupan air lewat lubang stang bor yang dihasilkan pompa sentrifugal 3″. Hal ini menyebabkan tanah yang terkikis terdorong keluar dari lubang bor. Setelah mencapai kedalaman rencana, pengeboran dihentikan, sementara mata bor dibiarkan berputar tetapi beban penekanan dihentikan dan air sirkulas tetap berlangsung terus sampai cutting atau seirpihan tanah betul-betul terangkat seluruhnya. Selama pembersihan ini berlangsung, besi tulangan dan pipa tremi sudah disiapkan di dekat lubang bor. Setelah cukup bersih, stang bor diangkat dari lubang bor. Dengan bersihnya lubang bor diharapkan pengecoran akan baik hasilnya.
 
7. Setelah pekerjaan pengeboran selesai dimasukkan besi tulangan yang sudah di install.

8. Pengecoran adalah tahap terakhir dalam pekerjaan jasa bor pile, pengecoran menggunakan pipa tremie sebagai pengantar cor agar tidak bercampur dengan lumpur serta hasil beton yang berkualitas yaitu dengan cara pipa tremie dimasukan hingga dasar lobang bor, saat pengecoran  berlansung pipa tremie bergerak naik dan turun perlahan, hal ini bertujuan agar air lumpur terdorong keatas permukaan oleh adonan beton.
 
Tags

About The Author

supri 18
Novice

supri

Pemuda berusaha berkarya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel