5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

25 Jun 2015 10:07 8364 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

 Aplikasi e-mail client semakin meningkat dalam kegiatan berkomputer atau aktivitas digital.

Program E-mail Client Ringan dan Gratis-Ada banyak sekali program e-mail client. Salah satu yang paling sering disebut mungkin Microsoft Outlook. Ini adalah program klien e-mail yang termasuk dalam paket program Microsoft Office. Microsoft Outlook adalah klien e-mail yang bagus.

Namun begitu, untuk mendapatkannya tidak cuma-cuma.Microsoft Office masih dijual dengan harga yang cukup tinggi bagi sebagian orang. Selain itu, Microsoft Outlook juga termasuk berukuran besar dan merupakan program terinstal ke dalam sistem operasi sehingga tidak dapat begitu saja disalin ke media penyimpanan portabel, USB flashdrive misalnya, kemudian dibuka di komputer lain. Satu klien Outlook hanya untuk satu komputer.

Solusinya? Anda bisa mencoba program e-mail client alternatif. Program-program klien alternatif ini ternyata banyak yang lebih ringan, sederhana, portabel, dan gratis. Berikut ini adalah 5 pilihan e-mail client yang ringan, praktis, dan gratis untuk Anda.

 

1. Sylpheed

Sylpheed adalah e-mail client sederhana dan ringan yang dikembangkan oleh Yamamoto Hiroyuki. Aplikasi ini tidak makan banyak tempat; installer-nya hanya berukuran 6-8 MB. Sylpheed juga ringan dan mudah digunakan, namun tidak miskin fitur. Kekurangannya mungkin penampilan antarmukanya yang old-fashioned, mirip dengan program klien e-mail dari satu dekade ke belakang. Akan tetapi, jangan nilai buku dari sampulnya.

5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

Anda bisa mendapatkan Sylpheed langsung dari laman unduhan di situs webnya. Tersedia dua macam paket program Sylpheed yang dapat Anda unduh. Mengunduh versi installer berarti Anda harus menginstalasi program Sylpheed ke sistem operasi Anda. Sedangkan versi zip archive adalah versi portabel, yang harus Anda ekstrak dari arsip zip-nya ke folder manapun di komputer Anda, atau di media penyimpanan portabel seperti USB flashdrive. Versi ini portabel berarti bisa Anda gunakan tanpa instalasi dan bisa dibawa-bawa dengan bebas.

 

2. Inky

Berbeda dari Sylpheed dengan tampilannya yang agak “dingin”, Inky justru tampil dengan elegan dan artistik. Meskipun begitu, Inky tidak berlebihan dengan tampilannya. Elegan dan praktis, itu kuncinya.

5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

Inky mendukung sistem operasi Windows dan Mac OSX. Inky juga memiliki fitur setup akun e-mail yang mudah dan simpel, mampu melakukan sinkronisasi e-mail akun secara otomatis, responsif, dan dilengkapi fitur filtering dan sorting e-mail yang canggih.

Anda bisa memperoleh file instalasi Inky yang berukuran 39.8 MB dari situsnya yang bisa diakses disini.

 

3. Opera Mail

Sebelum menjadi program klien e-mail yang standalone (berdiri sendiri), Opera Mail awalnya adalah sebuah fitur yang diintegrasikan sebagai bagian dari Opera Web Browser. Ketika itu, popularitasnya mulai naik sebagai program klien e-mail terintegrasi yang artinya cukup membuka satu program, Anda bisa menggunakan dua fungsi: peramban web dan klien e-mail. Kini, Opera Mail sebagai aplikasi yang mandiri siap bersaing dengan berbagai aplikasi klien e-mail lain yang sudah hadir lebih dulu.

5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

Tampilan Opera Mail terbilang cukup rapi dan mudah dimengerti. Penggunaannya pun menjadi lebih simpel dan praktis. Meskipun tidak memiliki banyak tombol-tombol fitur dan fungsi, Opera Mail sangat ringan dan responsif. Terdapat pula fitur sortir e-mail dan RSS Feeder. Fitur paling menonjolnya adalah tab interface yang mirip dengan peramban web. Artinya, Anda bisa membuka lebih dari satu tampilan (dan jendela e-mail) kemudian berpindah-pindah sesuka hati dan mudah.

Anda bisa memperoleh installer Opera Mail dari situsnya berikut ini 

 

4. eM Client

Nama eM Client mungkin belum lazim didengar. Akan tetapi, ini adalah salah satu program klien e-mail yang populer dan simpel. Antarmukanya yang sederhana dan mudah dipahami membuat penggunaannya cukup praktis. eM Client juga mampu berintegrasi dengan Skype dan memiliki RSS Widget yang andal.

5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

Software eM Client tersedia sebagai trial-ware. Anda dapat menggunakan seluruh fiturnya sampai 30 hari. Setelah lewat masa percobaan tersebut, berlaku pembatasan tertentu. Salah satunya adalah jumlah akun yang bisa di-manage hanya dibatas menjadi 2. Jika Anda memang ingin menggunakan lebih dari 2 akun e-mail, Anda bisa membeli seharga $29.95. Silakan cek situsnya di eM Client

 

5. Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird adalah nama lama di kategori program klien e-mail. Namun begitu, Thunderbird tidak pernah berhenti di-update. Mulai dari tampilan, fungsi, kestabilan, dan keringanan aplikasinya selalu menjadi perhatian tim developer. Thunderbird adalah salah satu klien e-mail favorit para pengguna dunia digital.

5 Program E-mail Client Ringan dan Gratis untuk Windows

Meskipun penuh dengan fitur, Thunderbird tidak boros memori dan ringan dijalankan. Thunderbird juga kini dilengkapi dengan fitur tabbed GUI sehingga bisa membuka lebih dari satu e-mail dengan mudah. Keandalan Thunderbird sudah teruji lama, dan telah dipercaya sebagai salah satu klien e-mail terbaik dan teraman.

Versi termutakhir dari Thunderbird adalah versi 38.0. Installernya berukuran 32 MB dan dapat diperoleh langsung dari laman unduhan di situsnya

 

Demikian informasi tentang program email client ringan dan gratis untuk Windows. Semoga informasi ini membantu Anda untuk menemukan program email client yang tepat. [SN]

Tags e-mail

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel