Perlukah Smartphone dan Tablet Memakai Screen Protector?

28 May 2015 08:30 6137 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah ponsel atau tablet Anda benar-benar membutuhkan screen protector untuk melindungi layar dari goresan? SImak bahasan lengkapnya.

Smartphone harganya cukup mahal, Anda tentu tidak mau smartphone Anda yang berharga jutaan layarnya tergores. Banyak orang yang membeli screen protector untuk menghindari hal ini, tetapi untuk saat ini, apalagi smartphone Anda merupakan smartphone menengah ke atas, itu sepertinya tidak terlalu dibutuhkan. Dulu mungkin iya, layar smartphone wajib dilindungi. Sekarang, setelah kemajuan layar handphone dan pelindung bawaannya itu sepertinya tidak lagi dibutuhkan ketika Anda membeli smartphone baru. Produsen-produsen ponsel sudah mendesain perangkatnya dengan sebaik mungkin terutama smartphone-smartphone yang brand-nya cukup terkenal. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai layar yang mudah tergores.

 

Screen protector

Screen protector adalah lembaran pelindung plastik bening yang mengikuti bentuk layar smartphone Anda. Plastik ini dipotong sesuai bentuk ponsel Anda termasuk lubang untuk tombol dan juga speaker. Itu sebabnya ada bermacam-macam screen protector. Untuk memasangnya, biasanya Anda membersihkan layar perangkat terlebih dahulu dengan kain microfiber, menaruh sedikit air sabun untuk screen protector dan menekannya ke layar. Anda perlu menempatkan screen protector dengan benar sehingga pas. Anda juga harus memastikan tidak ada gelembung yang muncul setelah pelindung ini dipasang. Jika layar Anda tergores, maka screen protector lah yang akan tergores dan Anda dengan mudah bisa menggantinya.

 

Penjelasan Gorilla Glass

Adanya screen protector memang ide yang bagus, tetapi perangkat smartphone modern memiliki teknologi screen protector bawaan yang lebih maju. Kebanyakan ponsel saat ini menggunakan Corning Gorilla Glass. Produk ini semakin bagus, kaca keras dan dengan ketahanan goresan yang tinggi. Corning terus memperkenalkan versi baru Gorilla Glass setiap tahun. Gorillas Glass 3 diperkenalkan pada 2013 dan dikabarkan 40 % lebih tahan goresan dari Gorilla Glass 2.  Bila ponsel Anda menggunakan produk ini, dia sudah cukup tahan goresan, lebih tahan di banding screen protector yang Anda beli di pasaran untuk waktu lima tahun. Berikut vide tentang kemampuan Gorilla Glass 3.

 

Jika Anda menggunakan screen protector yang dijual di pasaran, Anda sudah pasti melihat dua atau tiga goresan. Apalagi, bila Anda usak memasukkan ponsel Anda kedalam saku atau tas. Mungkin sudah tidak terhitung lagi goresan yang ada pada layar Anda. Di saat itu mungkin Anda berpikir melakukan tindakan yang sangat tepat karena kalau tidak layar ponsel Anda yang akan seperti itu nasibnya. Itu salah, ketahanan layar ponsel Anda jauh melebihi ketahanan screen protector yang Anda beli. Bila ponsel Anda menggunakan Gorilla Glass 3 atau bahkan 2 layar Anda tidak akan seperti itu. Kunci, kaca atau benda logam lain yang ada di dalam tas Anda tidak akan sanggup menggores Gorilla Glass 3. Kecuali ada tekanan yang besar dari luar. Jika ingin yang lebih kuat, ada Gorilla Glass 4. Untuk yang satu ini, nanti akan dibahas lebih lanjut.  Sementara simak dulu video perbandingan Gorilla Glass 3 dan Gorilla Glass 4.

 

 

Kerugian

Screen protector mengubah pengalaman Anda menggunakan smartphone. Anda bisa membedakan layar Anda dengan layar ponsel teman Anda yang sama jenis dan versinya, tetapi satu tidak menggunakan screen protector. Rasakan layar mana yang lebih enak di sentuh. Bukan hanya itu. Bila Anda membeli screen protector yang ada di pasaran, pelindung ini akan sangat mudah untuk tergores. Ini akan menambah buruk penampilan ponsel Anda, belum lagi distorsi warna yang diberikan screen protector yang Anda beli. Menggunakan screen protector bisa benar bila Anda merupakan orang yang tidak hati-hati atau ada gelembung dan retak di layar Anda. Anda mungkin perlu memberi screen protector yang baru.

 

Kapan kita butuh screen protector?

Ada material yang secara umum bisa menggores Gorilla Glass. Salah satu adalah pasir. Jika Anda pergi ke pantai dan ada pasir di saku Anda kemudian Anda memasukkan ponsel ke saku, ini bisa membuat goresan pada layar yang dilindungi Gorilla Glass. Tetapi, itu juga kalau ponsel Anda bergesekan secara keras dengan pasir. Yang lainnya, jika ponsel Anda jatuh dan bertabrakan dengan beton atau batu, ada kemungkinan Gorilla Glass akan tergores (mungkin bukan hanya Gorillas Glass yang tergores, tetapi ponsel Anda juga pecah). Beberapa jenis kaca, logam langka dan material yang sangat keras seperti berlian juga bisa menggores Gorilla Glass.

 

Kesimpulan

Jika Anda berlibur ke pantai, mungkin Anda perlu screen protector. Screen protector saat ini juga ada yang tidak akan meninggalkan sidik jari di layar Anda, tetapi smartphone modern juga punya lapisan anti minyak yang juga berguna mengurangi sidik jari. Kalau Anda risih dengan sidik jari yang menempel di layar Anda, tinggal ambil kain microfiber dan usap layar Anda. Mungkin, kalau Anda pembersih dan kesal melihat sidik jari kain microfiber sepertinya tidak akan terlepas dari tangan Anda. Kalau Anda membeli screen protector murahan, sayang sekali Anda tidak menikmati pelindung layar bawaan ponsel Anda yang harganya tentu berkali-kali lipat dari screen protector yang Anda beli. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel