Tips Cerdas Memilih Buah Segar

26 May 2015 11:00 2316 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membeli dan memilih buah-buahan harus dilakukan dengan cermat agar buah yang dipilih tetap segar

Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi dan vitamin dari buah-buahan. Buah-buahan segar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit, kesehatan organ-organ dalam dan luar, dan masih banyak lagi. Buah-buahan segar bisa dibeli di pasar-pasar tradisional dan juga supermarket. Hanya saja, dengan maraknya berita-berita tidak menyenangkn tentang penjual nakal yang mencampurkan bahan-bahan nonpangan pada buah-buahan agar tampil menarik, pembeli dituntut untuk pintar dalam memilih dan mengonsumsi buah-buahan. Jangan sampai buah yang dikonsumsi oleh kita ternyata sudah tidak segar dan bahkan mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan.

 

Tips untuk Memilih Buah yang Segar

Menjadi pembeli yang pintar dalam memilih barang akan banyak memberikan manfaat, terutama dalam memilih buah-buahan segar. Cobalah untuk meluangkan waktu sebentar untuk memilih buah mana yang masih segar dan berkualitas sehingga apa yang kita berikan pada keluarga kita dan juga diri sendiri adalah yang terbaik. Berikut beberapa tips cerda dalam memilih berbagai jenis buah yang segar.

 

  • Memilih buah pisang.

Buah pisang yang kaya akan kandungan potasiumnya ini memang banyak penggemarnya. Untuk memilih buah pisang yang masih bagus dan segar adalah dengan memperhatikan batangnya. Batang pisang yang bagus adalah yang kering. Kemudian, pilihlah pisang yang warna kulitnya kuning cerah atau hijau dan bukan yang sudah berwarna cokelat. Kulit pisangnya juga mudah untuk dikelupas.

  • Memilih buah apel.

Buah apel yang bagus dan baik untuk dikonsumsi adalah apel dengan kulit yang mulus dan tidak terdapat bercak-bercak pada kulitnya tersebut. Sedangkan untuk mengetes apakah apel yang dipilih masih mengandung banyak air dan renyah adalah dengan mengetuknya. Ketika apel diketuk, bila ternyata mengeluarkan bunyi yang keras dan nyaring, maka apel tersebut masih renyah dan kandungan airnya banyak.

  • Memilih buah mangga.

Buah mangga yang masih baik dan bagus adalah buah mangga yang memilliki bau khas mangga yang dari dekat tangkai sampai ke ujung. Selain itu ujung tangkainya memiliki warna kuning atau kekuningan.

  • Memilih buah alpukat.

Untuk memilih buah alpukat, cobalah untuj mengocoknya, bila berbunyi maka buah alpukat tersebut sudah matang. Tanda buah alpukat sudah matang lainnya adalah bagian kulitnya akan berwarna hijau mulus.

  • Memilih buah durian.

Untuk memilih buah durian, pilihlah yang memiliki aroma harum yang kuat dan bagian kulitnya tidak ada yang bolong. Durinya melebar dan saat dipukul-pukul, bunyi yang dihasilkan terdengar berat.

  • Memilih buah melon.

Buah melon yang baik adalah yang bagian guratan-guratan uratnya banyak serta tebal. Selain itu, pilih yang beraroma wangi, bagian bulatan tangkainya sudah terlihat mekar, dan saat diguncang terdengar seolah biji-biji melon di dalamnya sudah terlepas.

  • Memilih buah nanas.

Untuk memilih mana buah nanas yang masih segar dan baik untuk dikonsumsi cukup mudah. Caranya adalah dengan mencium aromanya. Apabila aroma nanasnya kuat maka nanas tersebut masih layak konsumsi. Selain itu, perhatikan warna dri kulit nanas, pilihlah yang berwarna kuning cerah.

Tips Cerdas Memilih Buah Segar

Saran Penyimpanan Buah

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih buah yang masih segar, baik, dan layak konsumsi, maka hal kedua yang perlu dilakukan adalah cara penyimpanan buah-buahan yang sudah dibeli. Cara peyimpanan buah akan berpengaruh pada jangka waktu ketahanan buah. Berikut beberapa saran untuk menyimpan buah-buahan.

  • Untuk buah apel, akan bertahan beberapa hari jika disimpan di dalam suhu kamar. Sedangkan bila disimpan di dalam lemari es akan bisa bertahan sampai 2 atau 3 minggu.
  • Untuk buah pisang, usahakan untuk menghindarkan buah pisang dari penyimpanan bersamaan dengan buah-buahan yang lain. Penyimpanan yang berdampingan dengan buah-buahan lain akan membuat pisang menjadi mudah rusak.
  • Untuk buah semangka atau melon, jika sudah dibelah, sebaiknya seger disimpan di lemari es sehingga kesegaran dari buah tersebut tetap bertahan.
  • Simpan buah-buahan di dalam lemari es dengan cara penyimpanan yang rapi serta tidak menyimpan berdekatan antara buah-buahan tertentu agar tidak cepat merusakan kesegarannya.

Itulah pembahasan tentang beberapa tips cerdas dalam kegiatan memilih buah-buahan. Semoga apa yang sudah disajikan dalam artikel ini bisa bermanfaat terutama bagi pembaca yang gemar mengonsumsi buah dan cukup sering belanja buah-buahan baik di pasar tradisional maupun di supermarket. [DIA]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel