Lima Website yang Bisa Mengajari Anda Cara Membuat Game

15 May 2015 19:00 13214 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lima website gratis yang bisa Anda kunjungi untuk belajar cara membuat game-game Android, PC, Mac dan website dari yang sederhana hingga kompleks

Cara Membuat Game-Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android banyak yang membuat game untuk Store Android lainnya atau bahkan di forum-forum. Mayoritas game Android ciptaan mereka bersifat gratis. Apa yang membuat ini berkembang sedemikian rupa? Mungkin Anda tahu game fenomenal yang sederhana namun harganya miliaran, Flappy Bird. Game dengan desain minimalis ini menyita banyak perhatian orang. Salah satu alasan berkembangnya game Android adalah karena cara membuat game untuk platform ini tersebar luas, Anda bisa membuat game tanpa memiliki basis pengetahuan tentang pemrograman yang tinggi. Dengan syarat, Anda harus mau belajar. Berikut lima website yang bisa dijadikan penuntun untuk membuat game Android.

Flappy Code: Tutorial untuk orang yang benar-benar pemula

Ingin membuat game, tetapi tidak tahu sama sekali tentang pemrograman? Anda harus mulai dari sini. Flappy Bird adalah kisah menarik sebuah game sederhana. Game ini dibuat di Vietnam yang kemudian berubah menjadi global. Banyak orang yang bukan programmer mengatakan ‘Aku bisa membuat game seperti itu’. Ya memang bisa dan game ini memang mudah untuk dibuat. Bahkan sangkin mudahnya, developernya tidak mau game tersebut terlalu diekspose dan mengganggu hidupnya. Bayangkan, game sesederhana itu bisa menghasilkan uang Rp600 juta per hari ketika masa kejayaannya, tetapi sang pemiliknya, Dong Nguyen akhirnya menghapusnya.

Kita sudahi dulu kisahnya, mari kita kembali ke cara pembuat game. Flappy Code di Code.org adalah tutorial sempurna bagi siapa saja yang ingin belajar pemrograman dasar. Seperti yang Anda liat di atas, itu adalah antarmuka drag-and-drop yang menunjukkan kepada Anda setiap langkah bagaimana logika Flappy Bird  bekerja. Ini benar-benar sebuah dasar dan sangat penting untuk diterapkan bagi pemula. Ini juga bisa menjadi awal bila Anda tidak tahu harus dari mana memulai mengajar anak-anak untuk pemrograman. Desainnya yang sederhana dan penggunaan yang hanya drag and drop akan mudah untuk diingat. Dasarnya adalah, ‘jika ini maka itu’.

 

Stencyl: Membuat game tanpa coding

Flappy Code hanya merupakan dasar logika, belum masuk ke dalam pembuatan game. Di Stencyl, mungkin Anda akan benar-benar membuat sebuah game dan melepaskannya ke berbagai platform. Ini merupakan wadah untuk membangun sebuah game yang ditunjukkan untuk orang yang bukan programmer. Ini tidak akan semudah seperti Flappy Bird Code, Anda butuh bekerja di sini. Tetapi, melihat game-game yang sudah dibuat dengan Stencyl, Anda bisa melihat belajar menggunakan ini bisa menghasilkan karya yang hebat untuk mereka-mereka yang mau meluangkan waktu. Software ini gratis untuk di download, tetapi jika ingin mempublikasikan kreasi Anda ke desktop (Windows, Mac, Linux) atau perangkat mobile (iOS dan Android) Anda harus membayar lisensinya. Sekedar saran, yakinkan yang Anda buat bernilai sebelum membayar lisensi.

Lima Website yang Bisa Mengajari Anda Cara Membuat Game

 

Flow Creator (Web): Aplikasi berbasis web

Stencyl bukan satu-satunya pilihan untuk membuat game tanpa coding, Flow Creator adalah pilihan lain yang patut untuk di coba. Ini adalah sistem berbasis web yang gratis, dia akan membantu Anda melalui proses sedikit dan ada komunitas yang siap membantu Anda bila menemukan masalah. Perlu di catat, tidak seperti Stencyl, versi gratis Flow Creator membatasi hanya untuk lima proses dengan 50 objek untuk satu akun, sudah termasuk game hosting. Ada dua pilihan versi berbayarnya pertama, Studio dengan fasilitas tak terbatas dan Indie yang juga dengan fasilitas tak terbatas hanya saja untuk satu akun.

 

Twine: Membuat Game Hypertext

Kedua layanan di atas berfokus pada menciptakan grafis untuk game, tetapi bagaimana bila Anda ingin menciptakan game Interactive Fiction? Twine mungkin akan menjadi alat yang lebih baik untuk game jenis ini dibandingkan Flow Creator dan Stencyl. Program gratis ini memberikan Anda cara sederhana untuk membuat game berbasis web dan memilih petualangan Anda sendiri. Bila dilihat sekilas dia lebih mirip dengan alat untuk mengedit teks dari pada sebuah IDE. Ini membuatnya menjadi alat yang sempurna untuk pemula bagi siapa pun yang ingin masuk ke Interactive Fiction. Anda bisa melihat beberapa game yang dibuat oleh Twine seperti Lost Pig, Doughlas Adam’s, Photophia dan masih banyak lagi.

Lima Website yang Bisa Mengajari Anda Cara Membuat Game

 

Flappy Creator: Parodi Flappy Bird

Kita mengakhiri artikel ini seperti yang kita mulai, Flappy Bird. Flappy Bird Creator bukanlah tutorial pemrograman, ini adalah cara cepat untuk membuat game parodi Flappy Bird dengan cita rasa Anda sendiri. Anda bisa memasukkan anjing, nenek, teman Anda atau hal konyol lainnya ke dalam game. Ini ditujukan hanya untuk bersenang-senang terutama karena Flappy Bird secara resmi tidak ada di pasaran. Mungkin dengan cara ini penggunanya bisa lebih bersenang-senang dengan game  fenomenal tersebut. Ini juga hanya mengkombinasikan lingkungan dari game Flappy Bird. Anda bisa membuat background-nya rumah, alien, mengubah Flappy menjadi kucing atau yang lainnya. [RIC]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel