Tujuh Fakta Menarik Tentang Air Force One

13 May 2015 10:00 5947 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fakta-fakta menarik tentang pesawat keprisedan Amerika Serikat yang akan memasuki usia 30 pada 2017

Air Force One dikenal sebagai salah satu jenis pesawat yang banyak dikenal. Betapa tidak, pesawat ini merupakan pesawat khusus untuk orang nomor satu di Amerika. Saking terkenalnya, pesawat ini sempat jadi judul film Hollywood.

Sebenarnya, Air Force One secara bentuk tampak mirip dengan pesawat Boeing 747. Hanya pesawat ini menggunakan jenis cat yang berbeda. Tetapi, Air Force One tentu bukanlah pesawat biasa. Pesawat ini telah mengalami perombakan agar memiliki kemananan yang tinggi dan kenyamanan untuk sang presiden Amerika Serikat.

Pesawat ini memasuki usia 30 tahun pada tahun 2017. Itu, umur dan jam terbang pesawat ini sudah sangat tinggi. Pada usianya yang akan genap 30 tahun itu, pesawat ini akan dipensiunkan dan Angakatan Udara Amerika Serikat sudah menyiapkan penggantinya. Begitulah menurut The Wall Street Journal, seperti yang Plimbi kutip dari laman Tempo.co (13/05/2015)
.
Berbicara tentang Air Force One ini, ada beberapa fakta menarik yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah perawatan yang menyeluruh, mulai dari teknologi interior-nya sampai pada perawatan untuk mencari retakan dengan mengelupas catnya.  Lalu, apa fakta lainnya? Berikut 7 fakta menarik tentang pesawat yang sering dipanggil dengan nama "Angel”  oleh tentara Angkatan Udara AS ini.

 

1. Mengisi bahan bakar di udara

Kelebihan dari Air Force One adalah kemampuannya untuk tetap terus berada di udara tanpa turun untuk mengisi bahan bakar. Hal ini karena pesawat ini sudah memiliki fitur yang memungkinkan pesawa mengisi bahan bakar di udara. Namun, fitur ini jarang digunakan karena kebutuhannya untuk keadaan darurat saja.


2. Kecepatan mendekati kecepatan suara

Sebagia pesawat dinas presiden negeri Paman Sam, Air Force One tentu saja memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatannya bahkan bisa 92% dari kecepatan suara. Disinyalir, pesawat ini mampu terbang cepat hingga 600 mil/jam. Saking cepatnya, terkadang pesawat pengawal kesulitan mengejar dan meminta pilot Air Force One untuk menurunkan kecepatannya.


3. Dua pesawat Air Force One

Nama Air Force One tidak merujuk pada jumlah pesawat. Nama tersebut merujuk pada orang nomor satu di Amerika. Karena itu, jangang anggap karena namanya, pesawat ini hanya memiliki satu jenis. Ternyata ada dua jenis pesawat Air Force One yang keduanya saling bergantian menenuaikan tugasnya melindungi sang presiden di udara.


4. Sistem komunkasi canggih

Air Force One menggunakan sistem telekomunikasi yang sangat canggih. Sistem teleponnya ssangat terenskripsi dengan baik sehingga sangat sulit untuk disadap. Di dalam pesawat ini juga, terdapat 87 telepon akses internet yang sangat cepat, broadcast pidato secara nasional, dan sistem telekomunikasi video atau umum disebut video teleconference


5. Ruangan yang luas

Ruangan yang ada di Air Force One sangat luas. Didalamnya, terdapat kamar mandi, tempat tidur, bahkan, ada kantor khusus presiden. Presiden juga bisa melakukan olahraga karena ada sebuah bagasi yang berisi treadmill jika diperlukan ketika penerbangan jauh. Bukan hanya itu saja, ruang kabin pesawat ini adalah 4.000 kaki. Dapurnya pun sangat luas karena memang kebutuhan untuk yang makan di pesawat sangat banyak, bisa sampai 100 orang. Dan tentu saja, terdapat  ruangan khusus medis di pesawat ini yang disebut ruang gawat darurat. Di ruangan ini, sangat banyak peralatan operasi dan juga golongan darah cadangan bila sang  presiden melakukan perjalanan jauh.  


6. Pesawat antipeluru

Air Force One merupakan pesawat dengan tingkat kemanan tinggi. Pesawat ini bahkan disebut sebagai salah satu pesawat dengan ketahanan yang baik. Kemampuannya memang tidak dijelaskan secara rinci. Hanya saja, banyak yang tahu bahwa Air Force One adalah sebuah pesawat militer. Pesawat ii mampu bertahan dari berbagai serangan, termasuk serangan udara. Selain itu, pesawat ini juga memiliki sistem pertahan yang mampu mengecoh radar musuh.


7. Limusin

Tidka, bukan! Limusin yang biasa digunakan oleh presiden Amerika ketika ada di jalanan tidak masuk Air Force One. Mobil kepresidinan yang satu ini justru masuk pesawat kargo. Nah, pesawat yang membawa Limusin ini berangkat lebih dulu sebelum Air Force One lepas landas atau malah pesawat yang membawa Limusin terbang lebih dulu.

Itulah tujuh fakta unik tentang pesawat khusus Air Force One. Nantikan lagi, artikel unik lainnya yang menambah pengetahuan dari Plimbi.

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel