5 Tips Membeli Smartwatch untuk Anda

17 Jul 2015 18:15 6286 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

berikut tips membeli smartwatch atau jam tangan pintar untuk Anda yang memang sedang berniat membeli perangkat canggih yang sedang populer ini

Tren gadget saat ini ramai dengan perangkat yang bernama smartwatch. Perangkat yang juga disebut dengan jam tangan pintar ini memang cukup menarik perhatian. Bahkan, perangkat ini diramalkan akan semakin ramai di masa yang akan datang.  Hal ini terlihat dari banyaknya produk jam tangan pintar yang hadir belakangan ini. Sebut saja Galaxy Gear dari Samsung, Moto 360 dari Motorola, Zenwatch dari Asus, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, smartwatch baru populer belakangan. Terlebih setelah kabar kehadiran jam tangan pintar dari Apple yang harganya cukup tinggi. Jam tangan pintar pun mulai populer. Beberapa produk jam tangan pintar pun sudah masuk ke Indonesia. Tentu kehadiran jam tangan pintar yang beragam bisa membuat bingung calon pembeli. Nah, karena itulah, Plimbi akan mengahdirkan tips membeli smartphone untuk Anda yang dalam waktu dekat akan membeli perangkat ini.

 

1.Tampilan Desain

Beberapa smartphone hadir dengan konsep desain yang berbeda satu sama lainnya. Ini akan cukup membingungkan karena itu, pilihlah smartphone desain yang sesuai dengan selera Anda. Jika Anda menyukai desain futuristik, Anda bisa memilih produk Galaxy Gear S dari Samsung. Jika Anda ingin desain klasik, Anda bisa memilih Moto 360. Namun, jika Anda ingin desain smartphone yang elegan, Asus Zenwatch bisa jadi pilihan Anda. Ingin yang lebih bergaya dan fashionable, maka Apple Watch dari Apple bisa jadi pilihan Anda.

 

2.Sistem Operasi dan Kompabilitas  

Pemilihan jam tangan pintar juga harus disesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Mengapa? Karena pada  umumnya, jam tangan pintar bukanlah produk yang berdiri sendiri. Artinya, jam tangan pintar dirancang agar terhubung dengan perangkat utama, yakni Smartphone. Jika perangkat smartphone Anda bersistem operasi Android, maka tentunya jam tangan  dengan OS Anroid Wear bisa jadi pilihan. Jika Anda memilih iPhone, maka smartwatch pilihan Anda haruslah Apple Watch. Namun, ada juga bebrapa jam tangan pintar dengan OS Android yang memiliki kompabilitas dengan iOS. Anda perlu mengecek hal ini sebelum Anda membeli jam  tangan pintar.

 

3.Layar yang Digunakan

Smartwatch umumnya menggunakan layar atau display dengan ukuran 2 inch kebawah.  Jika Anda berjari besar, maka sangat disarankan untuk memilih jam tangan pintar dengan layar yang sangat besar. Jika jari Anda bisa menyesuaikan dengan layar yang lebih kecil, maka tidak masalah jika Anda memilih smartwatch dengan layar yang lebih kecil. Oh yah, tidak semua smartwatch juga memiliki layar atau display yang sama. Ada beberapa smartwatch yang memiliki bentuk layar hitam putih atau sering disebut E paper. Tapi smartphone banyak yang hadir dengan tampilan berwarna yang lebih enak dimata. Tapi, kelebihand ari layar hitam putih adalah ketahanan baterainya yang lebih awet. Jika Anda butuh smartwatch yang tahan lama, maka smartwatch tipe ini bisa jadi alternatif.

 

4.Fitur Yang Dihadirkan

Pada umumnya, smartwatch memiliki fitur notifikasi. Beberapa smartwatch juga hadir dengan fitur media sosial. Anda harus pandai dalam hal ini. Artinya, Anda harus memilih smartwatch dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda sering berolahraga, maka Anda harus mencari smartwatch dengan fitur kebugaran seperti membaca jumlah kalori yang terbakar, mengetahui jumlah detakan jantung  permenitnya, dan sebagainya. . Jika Anda seorang petualang, Anda bisa mencari smartwatch dengan fitur GPS. Jika Anda penikmat musik, maka Anda bisa cari smartwatch yang mendukung fitur pemutar musik dan MP3.

 

5.Penyesuaian dengan Dana

Ini yang penting, dana. Betapapun Anda menginginkan smartwatch dengan fitur atau aspek lainnya yang sudah sesuai, Anda harus mempertimbangkan masalah dana. Jika dana Anda terbatas, Anda tidak perlu membeli smartwatch dari produsen ternama. Saat ini, banyak smartwatch dari produsen lokal ataupun dari produsen Tiongkok yang tidak kalah kualitasnya dibanderol dengan harga murah. Jika Anda memiliki dana yang cukup lebih, maka tentu Anda bisa memilih smartwatch dari produsen ternama. Jika dana tidak jadi masalah, tidak ada salah untuk Anda membeli perangkat jam tangan pintar seperti Apple Watch maupun Samsung Galaxy Gear.

 

Itulah lima tips membeli smartwatch dari Plimbi yang bisa Anda gunakan sebagai panduan jika Anda akan membeli smartwatch. Sebenarnya yang terpenting adalah belilah produk yang Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan, kecuali jika Anda lebih mementingkan brand dan uang tidak masalah buat Anda, itu lain cerita. Semoga bermanfaat. 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel