Inilah Teknik Merekam Dengan Stabil Menggunakan DSLR Video tanpa Bantuan Tripod

3 Apr 2015 11:00 42342 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berikut ini ada beberapa tips cara merekam Stabil dengan Video DSLR tanpa menggunakan Tripod yang bisa anda praktekkan sendiri, tentunya hal ini akan sedikit mengurangi goyangan pada hal adegan yang akan anda ambil.

Merekam melalui DSLR mungkin menjadi tren baru saat ini. Pasalnya banyak kemudahan dan hal hal yang lebih praktis yang terdapat pada DSLR bila dibandingkan dengan Video kamera reguler yang umum digunakan untuk Syuting sebuah sinetron atau film. Namun salah satu alat wajib yang harus ada saat proses perekaman adalah tripod.

Dengan menggunakan tripod, kualitas atau hasil rekaman yang di hasilkan oleh DSLR Video akan bisa lebih halus tanpa ada efek goyang goyang yang bisa merusak kualitas video yang telah diambil. Lalu bagaimana jika anda lupa membawa tripod pada sesi pengambilan adegan? atau anda harus dihadapkan dengan medan yang tidak memungkinkan untuk memakai sebuah tripod?

Berikut ini ada beberapa tips cara merekam Stabil dengan Video DSLR tanpa menggunakan Tripod yang bisa anda praktekkan sendiri, tentunya hal ini akan sedikit mengurangi goyangan pada hal adegan yang akan anda ambil.

 

TEKNIK MENGGENGGAM YANG TEPAT

Inilah hal yang menjadi permasalahan utama bagi sebagian fotografer, terlebih bagi yang masih amatir, teknik menggenggam kamera yang tepat akan bisa menjadi kunci terhadap kualitas gambar yang di ambil.

Adapun teknik menggenggam kamera DSLR yang tepat menurut kebanyakan fotografer ahli yaitu tangan kiri digunakan sebagai penyangga lensa dengan posisi tepat dibawah lensa kamera. Sedangkan tangan kanan berfungsi sebagai penggenggam kamera sekaligus sebagai motor yang akan menentukan awal dan akhir pengambilan sebuah video

 

GUNAKAN FITUR ANTI GOYANG

Untuk kamera dslr keluaran baru baru ini, fitur anti goyang sudah pasti terdapat pada Brody kamera. Namun untuk penamaannya mungkin sedikit agak berbeda antara satu merek dengan merek yang lain. Sebagai contoh pada kamera DSLR Sony, fitur ini bernama AS atau Anti Shake.

Namun satu hal yang pasti, kegunaan fitur ini adalah untuk menstabilkan getaran getaran yang dihasilkan oleh tangan sewaktu menggenggam kamera. Anda bisa melihatnya pada layar kamera DSLR anda ketika sedang atau tidak sedang memakai fitur ini. Jika anda sudah mengerti kegunaan fitur ini, maka anda pasti tidak akan bisa lepas untuk menggunakan fitur ini.

Sebagai gambaran, fitur Anti Goyang pada kamera DSLR biasanya berbentuk tombol yang hampir mirip dengan tombol On-Off. Hal ini tentunya diperuntukkan bagi  pengguna jika sewaktu-waktu tidak ingin menggunakan fitur Anti Goyang ini.

 

Baca juga :

               Kegunaan dan Fungsi Tripod Kamera Digital

               Mau Instal Software Ubuntu di Windows 10 Langsung Tanpa Mesin Virtual? Begini Caranya

 

GESTUR TUBUH HARUS TEPAT

Selain teknik menggenggam yang tepat, ternyata teknik gestur tubuh pun benar, tepat dan sesuai kebutuhan. Tentunya anda mungkin pernah melihat para fotografer ahli melakukan gerakan yang aneh hanya untuk mengambil sudut yang sempurna. Ya memang begitu, demikian adalah sebuah trik yang secara alami dipelajari oleh tiap tiap fotografer ahli. Anda pun bisa meniru dengan melakukan beberapa eksperimen mengenai sudut memotret yang tepat dan bagus pada setiap tempat yang berbeda-beda.

Tapi ada satu teknik dasar untuk melatih Ata anda bisa mengambil gambar yang sempurna dengan tanpa ada goyangan pada hasil video yang anda ambil, yaitu usahakan sikut anda untuk selalu menempel dengan tubuh anda, terlebih lagi sikut kiri yang menjadi alas utama bagi lensa kamera DSLR anda.  Dengan trik ini, anda bisa 1 langkah lebih baik menggunakan DSLR video tanpa ada goyangan pada hasil gambar.

 

GUNAKAN TALI

Tali apa yang dimaksud? Apakah ada tali tambahan atau tali penyangga leher bawaan di setiap pembelian kamera DSLR? yap... tapi tersebut adalah tali penyangga bawaan di setiap pembelian kamera DSLR, mengapa hal ini penting? Dengan tali tersebut anda bisa menggunakannya ketika anda membutuhkan untuk mengambil adegan yang sedang maju atau dari kiri ke kanan dan sebaliknya.

Pertama-tama, Pakai tali penyangga, lalu dorong kamera DSLR anda ke depan sampai anda menemukan tingkat maksimal yang bisa di capai oleh tali penyangga.

Dengan posisi seperti ini, anda bisa lebih maksimal mengambil video yang “beralur” tanpa ada goyangan, jika di ibaratkan, badan anda akan menjadi poros utama bagi kamera DSLR anda yang sedang bergerak.

 

MEMILIH LENSA YANG TEPAT

Hal ini juga tentunya penting untuk diperhatikan, tentunya anda harus secara bijak menggunakan lensa dalam setiap pengambilan momen atau adegan yang sedang anda buat. Jangan pernah men-zoom lensa anda sampai titik klimaks, karena semakin maksimal titik zoom yang di gunakan, maka semakin besar pula tingkat goyangan yang akan dihasilkan, walaupun anda sudah memakai beberapa takik diatas.

 

PENYEMPURNAAN DENGAN SOFTWARE

Yang terakhir, mungkin inilah hal yang bisa disebut alternatif. Ya, untuk zaman sekarang, proses peng-godog-an di dapur komputer memang sudah lumrah dan terasa wajib. Sebagai media final touch, anda bisa memadu-padankan fitur-fitur yang terdapat pada software edit video yang sudah biasa anda gunakan. Tentunya dengan teknik yang tepat, anda tidak akan terlalu kewalahan untuk menyempurnakan hasil adegan yang telah anda ambil. [IA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel