Larry Page - Sang Pendiri Google Yang Sangat Inovatif

16 Sep 2013 21:00 25337 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika kita berbicara mengenai Google, maka kita pasti akan langsung membayangkan sebuah prusahaan raksasa dengan berbagai macam produk mutakhirnya di dunia teknologi. 

Jika kita berbicara mengenai Google, maka kita pasti akan langsung membayangkan sebuah prusahaan raksasa dengan berbagai macam produk mutakhirnya di dunia teknologi. Hampir setiap hari kita pasti bersinggungan dengan produk-produk buatannya, dari mulai mesin pencari, browser Google Chrome, situs video streaming Youtube, hingga smartphone Android yang sudah terjual hingga ratusan juta unit di seluruh dunia. Namun di balik semua kecanggihan tersebut tahukah Anda siapa yang mendirikan perusahaan raksasa teknologi tersebut? Ya, Larry page dan Sergey brin merupakan dua sosok penting di balik berdirinya perusahaan ini. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas biografi salah satu dari kedua tokoh pendiri Google tersebut yaitu Larry Page. Bagaimanakah kisah perjalanan hidup seorang Larry Page hingga menjadi seorang milyader seperti sekarang ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Masa kecil dan Pendidikan

Larry Page adalah salah salah seorang pendiri Google dan saat ini menjabat sebagai Presiden Produk-produk buatan Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page yang merupakan seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang Teknik komputer dari University of Michigan dan kemudian melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.

Ketika belajar di Universitas Stanford, Page berkenalan dengan seorang teman kuliahnya yang bernama Sergey Brin. Awalnya kedua orang tersebut tidak beteman dengan baik karena keduanya selalu tidak sependapat dalam berbagai macam hal. Tetapi akhirnya keduanya menjadi akrab setelah mendiskusikan sebuah topik yang sangat menarik bagi mereka berdua. Topik tersebut adalah mengenai pencarian informasi dari kumpulan data besar. Kedua sahabat ini kemudian menulis sebuah makalah yang kemudian dikenal secara luas sebagai karya terbaik mereka yaitu "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine". Semenjak saat itu makalah yang mereka buat tersebut menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah yang paling banyak diakses di Stanford University.

 

Baca juga :

               Cerita Inspirasi Dan Motivasi Sergey Brin Sang Maestro Pendiri Google

               Lumia 550, Dengan Windows 10 Namun Harga Tetap Ramah Kantong

 

Mendirikan Google

Setelah lulus dari perkualiahan mereka mulai merancang sebuah proyek yang kemudian menjadi cikal bakal pembentukan mesin pencari Google. Setelah mencoba menjual berbagai macam gagasan namun gagal, mereka akhirnya memutuskan menulis rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Pada bulan September 1998 Google Inc dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan sehingga beberapa kantor harus direlokasi karena kurangnya ruang. Akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang disebut sebagai Mountain View, di wilayah California. Selama beberapa tahun berikutnya google yang dipimpin oleh Larry dan Sergey membuat banyak inovasi dan produk baru. Pada tahun 2006, jumlah karyawan yang dimilikinya hampir mencapai 5000 orang karyawan.

Pada bulan Oktober 2004 Google mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan publik, dengan mencatat penerimaan sebesar $ 805.9 juta. Pada tahun 2005 Page diperkirakan memiliki kekayaan senilai US $ 12 miliar dan menjadi orang urutan ke enam belas dalam daftar majalah Forbes dan membuatnya menjadi orang ke-27 terkaya di dunia pada saat itu.

Selain menjadi seorang tokoh sentral di perusahaan Google, Larry Page juga merupakan anggota National Advisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering. Pada tahun 2004, Larry bersama sahabatnya Sergey Brin  mendapat penghargaan Marconi Prize. Page juga merupakan seorang wali direksi dari X PRIZE, dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.

Pada tahun 2006, Google membuat sebuah kejutan dengan membeli salah satu situs video streaming terbesar di dunia yaitu Youtube dengan harga mencapai USD 1,65 milyar. Beberapa tahun berikutnya Google semakin mengukuhkan posisinya di puncak perusahaan teknologi dengan mengeluarkan sistem operasi untuk ponsel yang bernama Android.

Saat ini, Larry page terus melanjutkan tanggung jawabnya untuk menjalankan roda bisnis dan inovasi Google bersama Sergey Brin dan juga CEO Google saat ini yaitu Eric Schmidt. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel